Studi Kasus : Inovasi Pelayanan
Lihat studi kasus fiktif ini. Diskusikan bagaimana sesuatu yang serupa dapat digunakan di organisasi Anda sendiri.
Inovasi Pelayanan di Klinik Gigi
Staf praktik gigi ingin meningkatkan reputasi bisnis untuk memenangkan dan mempertahankan lebih banyak pelanggan. Kualitas perawatan gigi yang diberikan telah ditinjau, dan memiliki standar yang sangat baik. Staf memutuskan untuk menerapkan inovasi layanan. Mereka menelepon pasien setelah menjalani perawatan yang menegangkan untuk menanyakan seberapa baik pemulihan mereka. Bantuan, nasehat, konsultasi lebih lanjut dan pengobatan ditawarkan kepada pasien yang masih bermasalah. Tindak lanjut ini hanya membutuhkan waktu setengah jam setiap hari untuk dilakukan oleh satu orang. Namun kabar menyebar dengan cepat di area bahwa layanan mengejutkan ini diberikan, dan praktik dokter gigi segera dilakukan untuk meningkatkan pelanggannya.
Kegiatan selanjutnya, cobalah lihat inovasi produk dan layanan.
Cobalah memikirkan beberapa inovasi produk dan layanan untuk organisasi Anda sendiri (atau yang sudah Anda kenal).
Pikirkan organisasi Anda sendiri atau organisasi yang Anda kenal. Tuliskan di bawah ini tiga cara di mana inovasi produk (atau dapat) digunakan untuk membuat produk bisnis lebih menarik daripada produk lain di pasar.