Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Waktu operasional: Senin s/d Jum'at pukul 09:00 s/d 17:00

Quantitative Research

Quantitative research adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dalam bentuk numerik; dapat dilakukan dengan membandingkan sejumlah variabel atau menilai keefektifan beberapa intervensi. Tujuan dalam melakukan penelitian kuantitatif adalah untuk menentukan hubungan antara satu hal (variabel independent) dan lainnya (variabel dependen atau hasil) dalam suatu populasi. Desain penelitian kuantitatif adalah deskriptif (subjek biasanya diukur satu kali) atau eksperimental (subjek diukur sebelum dan setelah perlakuan). 

Rudyanto HP Manullang, Ph.D
CEO & Founder JICSI
Fathi Balfas
Director of Research JICSI

Penelitian kuantitatif harus memiliki 2 kriteria penting, yakni kriteria eksplanatori dan prediktif. Eksplanatori berarti penelitian harus dapat menjelaskan keterkaitan dua buah atau lebih fenomena dalam bentuk hubungan, perbedaan, pengaruh maupun menjelaskan sampel penelitian terhadap populasinya. Sedangkan prediktif berarti hasil penelitian harus memiliki daya ramal tinggi yang mampu memprediksikan suatu fenomena yang akan terjadi.

Terdapat 7 jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian deskriptif, penelitian komparatif, korelasional, survey, Ex Post Facto, eksperimen dan action research. Berikut ini beberapa jenis penelitian survey kuantitatif yang kami sediakan :

Open chat