
Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 40.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 70.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Apa itu Rekrutmen? Rekrutmen merupakan elemen krusial dalam keberhasilan bisnis apa pun. Rekrutmen adalah proses menemukan dan merekrut orang yang tepat dalam organisasi. Sebuah organisasi didefinisikan oleh karyawan di dalamnya, sehingga memastikan perekrutan staf yang tepat pada waktu yang tepat sangat krusial untuk kesuksesan.
Tugas perekrut adalah menarik, memilih, dan menunjuk kandidat yang kompeten. Perekrut adalah garda terdepan bagi calon kandidat, mengevaluasi kualitas dan membangun hubungan dengan kandidat selama proses rekrutmen merupakan tanggung jawab perekrut.
Mengapa keterampilan rekrutmen penting? Proses rekrutmen yang cepat dan efisien mengurangi biaya dan meningkatkan reputasi organisasi. Keterampilan rekrutmen memastikan bahwa talenta terbaik diidentifikasi, dilibatkan, dan direkrut. Orang yang bertanggung jawab atas perekrutan harus berdedikasi untuk memastikan mereka mematuhi peraturan dan praktik terbaik guna menghindari potensi mortifikasi atau proses/tindakan hukum yang berlebihan.
By the end of the Recruitment Skills Training Course, the participants of this course will be able to:
- Memahami apa itu rekrutmen dan pentingnya
- Mengenali alat dan metode yang digunakan untuk rekrutmen
- Mendefinisikan teknik dasar dan lanjutan rekrutmen
- Membedakan antara rekrutmen dan seleksi
- Memahami teori-teori pelaksanaan rekrutmen yang efektif, adil, dan sehat
- Menjelaskan praktik terbaik dan peraturan perundang-undangan yang mengatur rekrutmen
- Membuat keputusan rekrutmen yang tidak bias secara tegas
- Merekrut, mengevaluasi, menyaring, dan menempatkan kandidat secara efektif
- Menjelaskan dan mengeksplorasi pilihan-pilihan yang tersedia saat menjalankan kampanye rekrutmen
- Melaksanakan proses wawancara yang adil dan efektif
- Mengembangkan pendekatan yang menarik bagi kandidat dan menampilkan organisasi secara positif
- Meneguhkan pentingnya proses rekrutmen sekaligus mengidentifikasi metode penilaian yang tepat untuk berbagai peran
Pelatihan Keterampilan Rekrutmen ini dirancang bagi para profesional SDM yang ingin meningkatkan pengalaman rekrutmen ke tingkat selanjutnya. Sesi ini difasilitasi dengan menggunakan kasus nyata di tempat kerja, aktivitas dan permainan peran, serta analisis video. Keunggulan kompetitif terletak pada interaksi dengan para profesional SDM dari berbagai industri dan organisasi yang meningkatkan pengalaman.
Kami merancang program pelatihan dengan fokus pada implementasi yang sukses, di mana peserta berkesempatan untuk merencanakan, melakukan, memeriksa, dan menindaklanjuti solusi dan ide mereka. Tersedia umpan balik langsung yang memungkinkan peserta untuk berpikir melampaui perspektif yang terbatas.
Organizational Benefits of employees who participate in Recruitment Skills Training Course will be as below:
- Organisasi akan memiliki kumpulan talenta yang kuat dan efektif.
- Berhasil menarik lebih banyak bisnis dengan merekrut talenta terbaik di pasar.
- Organisasi akan memiliki proses perluasan jaringan dan menarik kandidat pasif.
- Merancang strategi secara efektif untuk mengidentifikasi keterampilan penting dalam diri kandidat selama wawancara.
- Organisasi akan menetapkan praktik terbaik manajemen wawancara, termasuk cara mempersiapkan kandidat sebelum wawancara dan cara memberikan pengarahan setelahnya.
- Organisasi akan memiliki pendekatan rekrutmen yang beragam dan menarik.
- Organisasi akan memiliki sarana teknis canggih untuk menarik kandidat yang kompeten.
Participants who enroll in this Recruitment Skills Training Course will benefit in the following ways:
- Belajar membangun citra profesional organisasi yang ingin diajak bekerja sama.
- Memahami dan menggunakan protokol serta latihan terbaik untuk menjadikan proses rekrutmen adil, kuat, dan sesuai untuk merekrut kandidat yang kompeten.
- Peserta akan mampu menunjukkan semangat tim dengan merekrut tenaga kerja yang sepemikiran namun beragam.
- Mempelajari proses evaluasi dan seleksi yang rasional untuk mengidentifikasi kandidat terbaik.
- Peserta akan melakukan wawancara yang efektif dengan mengajukan pertanyaan yang lebih baik terkait perilaku dan situasional.
- Peserta akan mampu menulis deskripsi pekerjaan yang efektif.
- Belajar memberi dan menerima umpan balik positif kepada karyawan dan manajemen.
Peserta akan mampu menjelajahi berbagai portal/sumber lowongan kerja dari kandidat dan manajemen. - Mempelajari cara membangun jaringan media sosial yang kuat.
- Peserta akan mempelajari keterampilan mengantisipasi kebutuhan organisasi di masa depan.
- Modul 1 : Basics of Recruitment
- Modul 2 : Methods of Recruitment
- Modul 3 : Steps of Recruitment
- Modul 4 : Recruitment Strategies to Improve Hiring Process
- Modul 5 : Basic/ Soft Recruitment Skills
- Modul 6 : Advanced / Hard Recruitment Skills
- Modul 7 : Experimentation Recruitment Skillsof HRBP
- Modul 8 : Becoming a Successful Recruiter
- Modul 9 : Cost Evaluation and Control
- Modul 10 : FAQ’s, Roleplays, Case studies and Discussions