Public Relations (PR) Campaign: Plan, Strategies and Evaluation
Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 35.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 60.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Semua bisnis, besar maupun kecil, perlu mengomunikasikan misi atau pesan mereka kepada target audiens. Kampanye hubungan masyarakat membantu bisnis dalam hal ini. Kampanye hubungan masyarakat berkaitan dengan serangkaian kegiatan yang direncanakan sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi dan taktik merupakan dua elemen kunci dari rencana kampanye hubungan masyarakat. Strategi menjustifikasi tujuan keseluruhan, pesan utama, dan target audiens, sementara taktik mengacu pada tindakan yang diambil untuk mencapai strategi yang telah ditetapkan.
Terdapat berbagai jenis kampanye PR—mulai dari kampanye jangka panjang yang mengubah persepsi dan meningkatkan kesadaran, hingga peluncuran produk dan acara jangka pendek. Semua kampanye memerlukan perencanaan yang baik untuk memfokuskan upaya, meningkatkan efektivitas, mendorong visi jangka panjang organisasi, mengurangi risiko, mengelola prioritas yang saling bertentangan, melakukan branding proaktif, dan sebagainya. Kampanye hubungan masyarakat yang terencana dengan baik juga memberikan nilai tambah.
Meskipun kampanye semacam itu sangat penting bagi organisasi untuk tetap terhubung dengan target audiensnya, terdapat banyak faktor yang memengaruhi risiko atau membahayakan upaya yang diinvestasikan oleh organisasi untuk menyampaikan pesan atau membangun hubungan yang baik dan sehat dengan audiensnya. Oleh karena itu, organisasi perlu merencanakan dan melaksanakan kampanye hubungan masyarakat mereka dengan cermat.
Pelatihan ini akan membekali Anda dengan pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman yang lengkap tentang kampanye hubungan masyarakat, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh melalui pelatihan ini akan membekali Anda dengan keahlian lengkap yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas hubungan masyarakat, khususnya kampanye tertentu, secara sukses di organisasi Anda, sehingga meningkatkan peluang pertumbuhan dan perkembangan Anda.
Pelatihan Kampanye Hubungan Masyarakat (PR): Perencanaan, Strategi, dan Evaluasi menawarkan pengalaman, pengetahuan, dan paparan yang akan membantu Anda tidak hanya di organisasi atau peran Anda saat ini, tetapi juga di organisasi atau peran lainnya.
Setelah menyelesaikan Public Relations (PR) Campaign: Plan, Strategies and Evaluation ini dengan baik, para peserta akan dapat :
- Pengetahuan dan informasi yang lengkap tentang perencanaan dan pelaksanaan kampanye hubungan masyarakat.
- Keterampilan dan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk merencanakan dan menjalankan kampanye secara mandiri bagi organisasi atau klien mereka.
- Pengalaman dan kesadaran untuk mengantisipasi tantangan dan risiko serta mengatasinya sebelum peluncuran kampanye.
- Kemampuan untuk berkontribusi pada branding dan manajemen reputasi yang efektif bagi organisasi atau klien mereka.
- Kesadaran dan kepercayaan diri untuk menangani semua faktor eksternal yang memengaruhi hasil kampanye secara efektif.
- Pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja dengan konsep dan teknik canggih guna memeriksa dan mengukur efektivitas kampanye PR secara objektif.
- Keterampilan yang lengkap untuk memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan memengaruhi kesuksesan organisasi atau klien mereka dengan menciptakan, merencanakan, dan melaksanakan kampanye PR yang efektif, menarik, dan inovatif.
Semua kursus pelatihan sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta pelatihan. Presentasi audio-visual digunakan untuk menyampaikan aspek teoretis pelatihan, sementara aspek praktis didukung oleh kegiatan kelompok. Partisipasi peserta pelatihan didorong melalui tugas-tugas kelompok, termasuk presentasi singkat, tugas, permainan peran, dll.
Diskusi studi kasus membantu peserta pelatihan menghubungkan aspek-aspek penting pelatihan dengan skenario praktis dan relevan yang pernah mereka dengar. Peserta pelatihan juga didorong untuk berbagi pengalaman dari peran pekerjaan atau organisasi mereka saat ini, dan pelatih membahas pengalaman-pengalaman ini serta merujuk pada konten pelatihan.
Perusahaan yang menominasikan karyawannya untuk berpartisipasi dalam Public Relations (PR) Campaign: Plan, Strategies and Evaluation ini dapat memperoleh manfaat sebagai berikut :
- Karyawan berpengalaman untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye PR dengan sukses
- Visibilitas yang lebih besar dan manajemen branding serta reputasi yang lebih baik
- Hubungan pelanggan yang lebih baik dan manajemen krisis
- Kredibilitas yang lebih besar karena kampanye PR yang sangat sukses
- Pertumbuhan dan perkembangan organisasi karena branding yang lebih baik dan peningkatan jumlah klien (untuk agensi PR)
- Peningkatan investasi karena branding yang lebih baik, peningkatan visibilitas, dan kredibilitas yang lebih tinggi, yang menyiratkan prospek bisnis yang lebih tinggi
- Pengukuran hasil kampanye PR yang akurat dan efektif menggunakan teknik dan konsep canggih
- Biaya pemasaran dan periklanan yang lebih rendah
- Dampak intervensi politik, hukum, atau sosial yang lebih rendah
Peserta yang berpartisipasi dalam Public Relations (PR) Campaign: Plan, Strategies and Evaluation ini dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:
-
- Pengetahuan dan pengalaman yang lengkap untuk berhasil menjalankan peran dan tanggung jawab yang lebih tinggi dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai kampanye hubungan masyarakat.
- Meningkatkan kepercayaan diri untuk secara mandiri dan sukses menjalankan kampanye inovatif bagi organisasi atau klien, sehingga menunjukkan potensi dan meningkatkan peluang untuk pertumbuhan dan perkembangan karier.
- Meningkatkan pengalaman dan keahlian untuk menerapkan teknik dan konsep tingkat lanjut guna melacak dan mengukur hasil serta keberhasilan kampanye secara akurat.
- Memiliki wawasan dan kesadaran yang lebih baik untuk memprediksi tantangan dan mengambil tindakan guna mencegah kesalahan selama kampanye, yang dapat memengaruhi hasil.
- Pengalaman dan paparan yang lebih luas untuk mengelola faktor-faktor eksternal yang berpengaruh dengan percaya diri.
- Meningkatkan pengalaman dan kepercayaan diri untuk meningkatkan hubungan dengan klien dan meningkatkan kredibilitas organisasi.
- Rasa pencapaian dan kebanggaan untuk berkontribusi pada pertumbuhan organisasi melalui manajemen merek dan reputasi yang lebih baik melalui kampanye hubungan masyarakat yang efektif.
- Module 1 : Characteristics of Public Relations Campaigns
- Module 2 : Phases of Public Relations Campaigns
- Module 3 : Essential Components of Public Relations Campaigns
- Module 4 : External Factors Influencing Public Relations Campaigns
- Module 5 : Steps to Plan and Execute Effective Public Relations Campaigns
- Module 6 : Importance of Public Relations Campaigns
- Module 7 : Effect of Public Relations Campaigns on Aspects of Management
- Module 8 : Challenges in Public Relations Campaigns