Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

HR Audit Certification Training Course

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.
Rp. 40.000.000 Juta

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Rp. 70.000.000 Juta

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

HR Audit adalah alat diagnostik yang membantu untuk mengukur status saat ini dari aktivitas HR yang efektif dan kesenjangan antara kebutuhan saat ini dan masa depan, yaitu kondisi yang diinginkan dari aspek yang sedang diaudit. Audit merupakan hal yang cukup rutin dan wajib dilakukan oleh bagian Keuangan karena bersifat kepatuhan terhadap hukum, namun bagi SDM, audit bukanlah prosedur wajib karena tidak ada kewajiban hukum. Namun demikian, audit sumber daya manusia harus dilakukan secara berkala untuk menjaga agar kebijakan dan prosedur tetap relevan.
Dalam lingkungan yang terus berubah ini, meninjau kembali dan memperbarui fungsi ini membuat SDM tetap responsif terhadap kebutuhan orang-orang dalam sistem. Hal ini dapat dilihat sebagai tindakan pencegahan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi saat berhadapan dengan ekosistem internal dan eksternal di Dunia Virtual.
Karyawan adalah aset yang paling berharga bagi perusahaan, sehingga perlu dilibatkan, dipertahankan, dan dipelihara demi keuntungan bersama. Audit SDM memberikan wawasan tentang kemungkinan penyebab masalah saat ini dan di masa depan.
HR Audit yang dijalankan dan dikelola dengan baik dapat membantu mengurangi perputaran karyawan, ketidakpuasan, dan gesekan. Audit juga dapat membantu mempertahankan semangat kerja yang tinggi sehingga memberikan keunggulan kompetitif. Audit memfasilitasi kelancaran dan efisiensi operasional departemen Sumber Daya Manusia dalam kapasitas terbaiknya.
Apa yang dimaksud dengan Audit Sumber Daya Manusia? Metode verifikasi yang obyektif dan sistematis yang komprehensif atas semua praktik SDM dalam perusahaan. Sebuah upaya yang disengaja untuk melihat sumber daya manusia (orang) dan prosedur yang menjaga dan membantu perkembangan sistem.
HR Audit lebih dari sekadar perekrutan dan mendalami setiap aspek seperti motivasi, kompensasi dan tunjangan, pelatihan dan pengembangan, penganggaran, penanganan keluhan; benar-benar semua proses atau aktivitas yang memengaruhi elemen manusia dalam persahaan.

Tujuan Pelatihan
  • Mampu untuk memahami Proses Audit SDM
  • Mampu untuk mempelajari metode dan pendekatan untuk melakukan audit SDM
  • Mampu untuk mempelajari masalah atau tantangan utama yang mungkin dihadapi saat melakukan Audit SDM
  • Mampu untuk mengevaluasi sistem perolehan, pengembangan, penugasan dan pemanfaatan sumber daya manusia dalam perusahaan
  • Mampu untuk menganalisis semua aspek dari Fungsi SDM
  • Mampu untuk mengevaluasi sejauh mana para manajer lini mengimplementasikan dan mengikuti kebijakan dan program yang diprakarsai oleh manajemen puncak dan SDM
  • Mampu untuk mengidentifikasi kekurangan dalam prosedur & cara manajemen yang ada
  • Mampu untuk mengevaluasi staf SDM dan inisiatif mereka untuk kelancaran fungsi perusahaan
  • Mampu untuk memastikan kepatuhan hukum, membantu mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kompetitif
  • Mampu untuk menetapkan dokumentasi, sistem, dan praktik teknologi yang efisien untuk meningkatkan keterlibatan karyawan
Metodologi Penelitian

Pelatihan ini merupakan sesi yang sangat kolaboratif dan komunikatif di mana para peserta dari berbagai budaya berpartisipasi dalam program pelatihan ini dan saling berbagi pengalaman, kesuksesan, dan tantangan di kantor masing-masing.

Modul yang disesuaikan dapat diatur untuk kebutuhan pembelajaran khusus perusahaan. Program ini melibatkan diskusi kelompok, studi kasus, dan berbagai macam praktik terbaik yang dapat membantu dalam menjalankan Audit SDM yang sukses.

Manfaat Bagi Organisasi
  • Mampu untuk membantu mengidentifikasi kontribusi sumber daya manusia dalam menjalankan perusahaan dengan sukses
  • Mampu untuk memungkinkan untuk mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah perbaikan terhadap kesenjangan yang diidentifikasi selama Audit SDM
  • Mampu untuk mengarahkan departemen Sumber Daya Manusia untuk menyempurnakan tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan fungsi SDM dalam perusahaan
  • Mampu untuk membantu mengidentifikasi masalah-masalah personalia yang unik/tidak konvensional, dan secara proaktif mencari solusi untuk menanganinya
  • Audit SDM dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan rasa memiliki yang lebih besar
  • Mampu untuk meningkatkan produktivitas karena adanya umpan balik yang tulus dari karyawan yang membantu improvisasi kebijakan dan prosedur SDM, karena karyawan merasa didengarkan dan diperhatikan
  • Mampu untuk mengembangkan kompetensi dalam berurusan dengan serikat pekerja sehingga menghasilkan hubungan industrial yang kuat karena ikatan yang menyenangkan
  • Mampu untuk mengurangi konflik dan keluhan dengan secara proaktif mencari umpan balik dan merespons dengan tindakan yang menangani masalah yang diajukan
  • Mampu untuk manajemen SDM yang hemat biaya karena berkurangnya perputaran karyawan, sehingga memberikan ruang untuk memanfaatkan dana tersebut untuk peluang lain yang menguntungkan
Manfaat Untuk Pribadi
  • Mampu untuk mengembangkan keahlian dan mendapatkan eksposur dalam mempelajari berbagai macam penerapan SDM terbaik yang mengarah pada kesuksesan dan peningkatan profitabilitas perusahaan
  • Mampu untuk mempelajari keterbatasan kebijakan yang biasa-biasa saja yang menghambat keterlibatan karyawan di tempat kerja
  • Mampu untuk membangun hubungan yang baik dengan karyawan dengan melibatkan karyawan dalam proses menghidupkan kembali kebijakan SDM
  • Mampu untuk mengkomunikasikan secara efektif dengan anggota tim
  • Mampu untuk mempercayakan tanggung jawab kepada karyawan berdasarkan kemampuan mereka untuk membantu karyawan merasa terlibat
  • Mampu untuk menghemat biaya yang timbul dari perselisihan seputar hubungan karyawan
  • Mampu untuk melakukan audit yang sesuai dengan standar global
  • Mampu untuk meninjau kembali dan memperbarui kebijakan SDM sebelum kebijakan tersebut menjadi tidak relevan

Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Modul 1 : Importance of HR Audit

  • Modul 2 : Objectives and Rationale of HR Auditing

  • Modul 3 : Scope of HR Audit

  • Modul 4 : Benefits of HR Audit

  • Modul 5 : Frequency of HR Audit

  • Modul 6 : HR Audit Process

  • Modul 7 : Approaches to HR Audit

  • Modul 8 : HR Audit Steps

  • Modul 9 : Methods

  • Modul 10 : Explore the facts about what the HR’s of some of the best Organisations do

  • Modul 11 : Major concerns