
Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 35.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 60.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Design Thinking adalah proses pemecahan masalah yang kreatif dan didasarkan pada kebutuhan manusia. Prinsip dari Design Thinking ada banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat setiap hal menjadi lebih nyaman digunakan.
Julia Allworth, Lesley D’Souza, dan Gavin W mengatakan Design Thinking adalah serangkaian proses pemecahan masalah yang menekankan manusia. Hal ini berarti Design Thinking mengedepankan kebutuhan dan kenyamanan dari pengguna Design . Dengan demikian, dalam melakukan Design Thinking, perlu dilakukan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan manusia dan memastikan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.
Pernahkah kamu melihat produk di pasaran yang kamu anggap tidak ada gunanya? Bukannya sayang membuat inovasi produk yang tidak dibutuhkan masyarakat? Untuk itulah, Design Thinking hadir untuk anda.
Design Thinking meletakkan fokus utamanya pada kebutuhan manusia dan sudut pandang mereka. Suatu produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan sebaliknya. Jadi, urutannya adalah dari kebutuhan manusia, kemudian lahirkan produk inovasi. Bukan dari produk lalu dicari kebutuhan manusianya. Untuk itu, dapat dilihat bahwa manfaat utama Design Thinking adalah untuk menyelesaikan masalah yang rumit yang dihadapi manusia.
Dalam program pelatihan Design Thinking ini akan membahas tujuan-tujuan sebagai berikut:
- Mampu dalam menjelasan tentang tantangan yang dihadapi oleh pelanggan Anda berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh mereka
- Mampu mengidentifikasi pendekatan dan solusi baru untuk masalah yang dihadapi
- Mampu mencari tahu akar penyebab masalah yang menghambat peluang bisnis
- Mampu untuk mempertanyakan asumsi dan praduga untuk mengeksplorasi alternatif
- Mampu untuk menghasilkan pemikiran out-of-box dengan strategi yang telah terbukti seperti brainstorming dan pemetaan cerita
- uat dampak pada pengguna dengan solusi terbaik yang ditawarkan setelah membuat prototipe dan menguji ide-ide
Adapun beberapa Metodologi Pelatihan Design Thinking yang perlu diperhatikan setiap peserta pelatihan sebagai berikut :
- Untuk memenuhi tujuan pelatihan ini, program yang ditawarkan oleh JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE akan membuat para peserta menyadari perlunya menjadi kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis.
- Dalam pelatihan yang sangat interaktif ini, peserta akan memahami bagaimana meningkatkan efektivitas penawaran bisnis mereka. Seorang instruktur yang berpengalaman akan menggunakan berbagai teknik seperti presentasi interaktif, latihan, dan studi kasus. Permainan peran, diskusi kelompok dan contoh-contoh perusahaan terdepan yang telah menyerap pemikiran Design akan memberi para peserta pola pikir yang benar dalam iklim bisnis yang berkembang pesat.
Adapun manfaat yang akan didapatkan dalam suatu Organisasi sebagai berikut :
- Mampu menjadikan kolaborasi yang lebih baik selama sesi brain storming
- Mampu untuk membuat dan menguji prototipe sekaligus mengurangi risiko kegagalan
- Mampu melakukan tindakan mengurangan risiko sebelum meluncurkan ide de baru
- Mampu menyerap budaya yang berfokus pada kreativitas dan inovasi
- Melepaskan potensi kreatif tim
- Membangun forum berbagi ide secara terbuka
- Memungkinkan tim Anda untuk membingkai ulang tantangan menjadi kemungkinan
- Lengkapi diri dengan tim yang siap menghadapi tantangan
- Dapatkan merek sebagai perusahaan yang berpusat pada pelanggan
- Mengembangkan kemampuan untuk menghadapi persaingan
- Identifikasi perspektif baru dalam melakukan sesuatu
- Peningkatan keterlibatan karyawan
- Peningkatan tingkat retensi
- Peningkatan margin keuntungan
Adapun manfaat yang akan didapatkan oleh tiap perserta pada Pelatihan ini antara lain sebagai berikut :
- Dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir besar terus-menerus
- Mampu dalam memiliki penguasaan pemikiran yang kreatif.
- Mampu memiliki kesempatan untuk bekerja dengan tim yang beragam dan dengan pengguna akhir
- Mampu bereksperimen, berinovasi, dan membuat prototipe pada ide, produk, dan layanan baru
- Mampu memiliki kesempatan untuk memimpin bisnis ke depan dalam iklim bisnis yang berkembang pesat
- Mampu melahirkan inovasi baru yang dapat meningkatkan profit bagi bisnis.
- Mampu mempererat hubungan dengan konsumen karena secara langsung melibatkan mereka dalam proses design thinking.
- Mampu mendorong terciptanya ide-ide yang kreatif dan inovatif guna memecahkan masalah.
- Mampu mendapatkan penerapan di segala bidang, meski kini lebih banyak digunakan dalam bidang teknologi.
- Mampu untuk mengurangi risiko produk tidak laku di pasaran.
- Mampu meningkatkan kepuasan pelanggan
- Module 1 : DESIGN THINKING
- Module 2 : DISCOVER DESIGN PROBLEMS
- Module 3 : BUILDING EMPATHY
- Module 4 : DEFINE- FRAME THE DESIGN PROBLEMS
- Module 5 : IDEATE
- Module 6 : PROTOTYPING
- Module 7 : DESIGN- DESIGN THE SOLUTIONS