Customer Experience Professional for Staff
Customer Experience Professional for Staff
Incoming
- 3 December, 2025 -
- 4 December, 2025

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 30.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 60.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Tidak hanya sebagai garda terdepan, peranan customer service semakin hari semakin signifikan bagi perkembangan organisasi, saat ini peranan customer service sebagai strategi baru bagi perusahaan. Sementara itu kita telah pahami bersama bahwa customer atau pelanggan kita adalah nafas hidup suatu organisasi, karena tanpa customer/pelanggan perusahaan akan punah sendirinya. Oleh karena itu, mengembangkan bisnis dibutuhkan strategi-strategi jitu seperti mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau membuat perusahaan lebih dekat dengan pelanggannya, dengan kedekatan yang dimiliki, perusahaan akan bisa mendapatkan informasi yang berharga untuk kemajuan organisasi. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa faktor terbesar yang menentukan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand adalah customer service. 94% pelanggan mengatakan bahwa kecepatan dalam menangani keluhan adalah faktor terpenting dalam pengalaman customer service yang baik. Sementara itu, 75% pelanggan berharap memiliki beberapa pilihan untuk menghubungi customer service suatu bisnis.
Bahkan ketika kita berbicara customer service sesungguhnya adalah kita, atau seluruh anggota organisasi, ketika seluruh anggota organisasi dapat melayani satu dengan yang lain, maka proses, prosedure , system, dan keputusan yang dilakukan setiap hari terkait dengan pelanggan akan berjalan dengan cepat.
Dengan berakhirnya pelatihan certified customer service professional for staff ini, para peserta pelatihan diharapkan untuk mampu :
- Mampu untuk memahami konsep dasar customer service dan menumbuhkan spirit of service pada peserta pelatihan sehingga mampu membangun dan membina hubungan yang baik kepada pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
- Mampu memberiikan layanan excellent pada setiap pelanggan dan memahami faktor dalam diri yang membantu dalam melayani pelanggan dan Mampu untuk menangani komplain-komplain dari pelanggan dengan baik
- Mampu untuk mengenal layanan diberbagai jenis organisasi dan Mampu untuk Mengenali fitur sebuah produk dan mengenalkan benefit dari suatu produk
- Mampu untuk berkomunikasi secara efektif kepada pelanggan internal (Sesama anggota organisasi) dan pelanggan eksternal (User)
Adapun metode Pelatihan Certified Customer Service Professional For Staff ini antara lain:
- Presentations
- Role-playing/modelling
- Group discussions
- Lectures and Seminar Method
- Assignments
Dengan berakhirnya Pelatihan Certified Customer Service Professional For Staff ini, para peserta pelatihan akan mampu untuk memberikan manfaat bagi organisasi dengan cara, seperti berikut :
- Menciptakan kolaborasi dan kerja sama tim dalam tim
- Meningkatkan kualitas pelayanan customer service
- Mendukung citra organisasi yang baik
- Meningkatkan rasa percaya diri sebagai customer service
- Mendukung anggota tim staff untuk memahami pentingnya pelatihan customer service
- Mampu mengenali berbagai jenis pelanggan dan cara untuk mengatasinya
- Mendukung anggota tim untuk memahami pentingnya hubungan yang baik dengan pelanggan
Dengan berakhirnya pelatihan certified customer service professional for staff ini, diharapkan para peserta untuk mendapatkan manfaat secara pribadi sebagai berikut:
- Mampu mempelajari nilai rasa hormat, kasih sayang terhadap rekan kerja dan diri sendiri
- Mampu mengembangkan keterampilan komunikasi dan ketegasan
- Secara proaktif selesaikan tugas dan mendukung rekan kerja
- Mampu menyelesaikan tugas sesuai tenggat dengan dukungan anggota tim
- Memberikan umpan balik yang membangun dan berempati dengan anggota tim.
Modul 1 : Pengantar Customer Experience (CX)
- Apa itu Customer Experience?
- Peran Staf dalam Menciptakan Pengalaman Pelanggan
- Perbedaan antara Customer Service, Customer Satisfaction, dan Customer Experience
Dampak Pengalaman Pelanggan terhadap Bisnis
Modul 2 : Memahami Harapan dan Kebutuhan Pelanggan
- Siapa Pelanggan Kita? (Internal & Eksternal)
- Ekspektasi Pelanggan Zaman Sekarang
- Kebutuhan Emosional vs. Fungsional Pelanggan
Empati sebagai Kunci Pemahaman Pelanggan
Modul 3 : Peran Staf dalam Customer Journey
- Memahami Customer Journey dan Touchpoints
- Peran Frontliner di Setiap Tahap Perjalanan Pelanggan
- Moment of Truth: Momen Kritis Interaksi Pelanggan
Mencegah Friksi dan Meningkatkan Kesan Positif
Modul 4 : Komunikasi Efektif dalam Membangun Pengalaman Positif
- Teknik Mendengarkan Aktif
- Bahasa Tubuh dan Nada Suara yang Ramah
- Menyampaikan Informasi secara Jelas dan Empatik
Menangani Komplain Tanpa Konflik
Modul 5 : Tindakan Proaktif dan Sentuhan Personal
- Antisipasi Kebutuhan Pelanggan
- Memberi Sentuhan Personal pada Layanan
- Inisiatif Kecil, Dampak Besar
Konsistensi dalam Memberikan Layanan Hebat
Modul 6 : Budaya Kerja dan Sikap Profesional dalam CX
- Menjadi Duta Merek (Brand Ambassador)
- Kolaborasi Tim demi Pengalaman Pelanggan
- Tanggung Jawab Pribadi atas Layanan
Budaya Kerja Berorientasi Pelanggan
Modul 7 : Latihan, Simulasi, dan Penerapan
- Simulasi Interaksi Pelanggan (Role Play)
- Studi Kasus Pengalaman Pelanggan Positif dan Negatif
- Umpan Balik dan Coaching Singkat
Rencana Aksi Pribadi untuk Meningkatkan CX