Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Customer Experience Professional for Staff

Customer Experience Professional for Staff

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.
Rp. 30.000.000 Juta

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Rp. 60.000.000 Juta

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Tidak hanya sebagai garda terdepan, peranan customer service semakin hari semakin signifikan bagi perkembangan organisasi, saat ini peranan customer service sebagai strategi baru bagi perusahaan. Sementara itu kita telah pahami bersama bahwa customer atau pelanggan kita adalah nafas hidup suatu organisasi, karena tanpa customer/pelanggan perusahaan akan punah sendirinya. Oleh karena itu, mengembangkan bisnis dibutuhkan strategi-strategi jitu seperti mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau membuat perusahaan lebih dekat dengan pelanggannya, dengan kedekatan yang dimiliki, perusahaan akan bisa mendapatkan informasi yang berharga untuk kemajuan organisasi. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa faktor terbesar yang menentukan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand adalah customer service. 94% pelanggan mengatakan bahwa kecepatan dalam menangani keluhan adalah faktor terpenting dalam pengalaman customer service yang baik. Sementara itu, 75% pelanggan berharap memiliki beberapa pilihan untuk menghubungi customer service suatu bisnis.
Bahkan ketika kita berbicara customer service sesungguhnya adalah kita, atau seluruh anggota organisasi, ketika seluruh anggota organisasi dapat melayani satu dengan yang lain, maka proses, prosedure , system, dan keputusan yang dilakukan setiap hari terkait dengan pelanggan akan berjalan dengan cepat.

Tujuan Pelatihan

Dengan berakhirnya pelatihan certified customer service professional for staff ini, para peserta pelatihan diharapkan untuk mampu :

  • Mampu untuk memahami konsep dasar customer service dan menumbuhkan spirit of service pada peserta pelatihan sehingga mampu membangun dan membina hubungan yang baik kepada pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
  • Mampu memberiikan layanan excellent pada setiap pelanggan dan memahami faktor dalam diri yang membantu dalam melayani pelanggan dan Mampu untuk menangani komplain-komplain dari pelanggan dengan baik
  • Mampu untuk mengenal layanan diberbagai jenis organisasi dan Mampu untuk Mengenali fitur sebuah produk dan mengenalkan benefit dari suatu produk
  • Mampu untuk berkomunikasi secara efektif kepada pelanggan internal (Sesama anggota organisasi) dan pelanggan eksternal (User)
Metodologi Penelitian

Adapun metode Pelatihan Certified Customer Service Professional For Staff ini antara lain:

  • Presentations
  • Role-playing/modelling
  • Group discussions
  • Lectures and Seminar Method
  • Assignments
Manfaat Bagi Organisasi

Dengan berakhirnya Pelatihan Certified Customer Service Professional For Staff ini, para peserta pelatihan akan mampu untuk memberikan manfaat bagi organisasi dengan cara, seperti berikut :

  • Menciptakan kolaborasi dan kerja sama tim dalam tim
  • Meningkatkan kualitas pelayanan customer service
  • Mendukung citra organisasi yang baik
  • Meningkatkan rasa percaya diri sebagai customer service
  • Mendukung anggota tim staff untuk memahami pentingnya pelatihan customer service
  • Mampu mengenali berbagai jenis pelanggan dan cara untuk mengatasinya
  • Mendukung anggota tim untuk memahami pentingnya hubungan yang baik dengan pelanggan
Manfaat Untuk Pribadi

Dengan berakhirnya pelatihan certified customer service professional for staff ini, diharapkan para peserta untuk mendapatkan manfaat secara pribadi sebagai berikut:

  • Mampu mempelajari nilai rasa hormat, kasih sayang terhadap rekan kerja dan diri sendiri
  • Mampu mengembangkan keterampilan komunikasi dan ketegasan
  • Secara proaktif selesaikan tugas dan mendukung rekan kerja
  • Mampu menyelesaikan tugas sesuai tenggat dengan dukungan anggota tim
  • Memberikan umpan balik yang membangun dan berempati dengan anggota tim.
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?

Modul 1 : Pengantar Customer Experience (CX)

  • Apa itu Customer Experience?
  • Peran Staf dalam Menciptakan Pengalaman Pelanggan
  • Perbedaan antara Customer Service, Customer Satisfaction, dan Customer Experience
  • Dampak Pengalaman Pelanggan terhadap Bisnis

Modul 2 : Memahami Harapan dan Kebutuhan Pelanggan

  • Siapa Pelanggan Kita? (Internal & Eksternal)
  • Ekspektasi Pelanggan Zaman Sekarang
  • Kebutuhan Emosional vs. Fungsional Pelanggan
  • Empati sebagai Kunci Pemahaman Pelanggan

Modul 3 : Peran Staf dalam Customer Journey

  • Memahami Customer Journey dan Touchpoints
  • Peran Frontliner di Setiap Tahap Perjalanan Pelanggan
  • Moment of Truth: Momen Kritis Interaksi Pelanggan
  • Mencegah Friksi dan Meningkatkan Kesan Positif

Modul 4 : Komunikasi Efektif dalam Membangun Pengalaman Positif

  • Teknik Mendengarkan Aktif
  • Bahasa Tubuh dan Nada Suara yang Ramah
  • Menyampaikan Informasi secara Jelas dan Empatik
  • Menangani Komplain Tanpa Konflik

Modul 5 : Tindakan Proaktif dan Sentuhan Personal

  • Antisipasi Kebutuhan Pelanggan
  • Memberi Sentuhan Personal pada Layanan
  • Inisiatif Kecil, Dampak Besar
  • Konsistensi dalam Memberikan Layanan Hebat

Modul 6 : Budaya Kerja dan Sikap Profesional dalam CX

  • Menjadi Duta Merek (Brand Ambassador)
  • Kolaborasi Tim demi Pengalaman Pelanggan
  • Tanggung Jawab Pribadi atas Layanan
  • Budaya Kerja Berorientasi Pelanggan

Modul 7 : Latihan, Simulasi, dan Penerapan

  • Simulasi Interaksi Pelanggan (Role Play)
  • Studi Kasus Pengalaman Pelanggan Positif dan Negatif
  • Umpan Balik dan Coaching Singkat
  • Rencana Aksi Pribadi untuk Meningkatkan CX