Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Corporate Governance Training for Board Members & Directors

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.
Rp. - Juta

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Rp. - Juta

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Dalam dinamika pasar yang kompleks dan fluktuatif saat ini, peran dan kinerja Dewan Direksi semakin diawasi dengan ketat. Ditunjuk oleh para pemegang saham, para direktur secara efektif merupakan agen perusahaan dan merupakan tugas mereka untuk memastikan bahwa perusahaan mencapai tujuan strategisnya, dan asetnya terlindungi. Lebih lanjut, sejak diberlakukannya Sarbanes-Oxley, sebagian besar negara telah memiliki Kode Tata Kelola Perusahaan mereka sendiri, dan kepatuhannya diawasi secara ketat oleh regulator Bursa Efek. Di sebagian besar negara, kini para Direktur diwajibkan mengikuti kursus Tata Kelola Perusahaan.
Semua direktur, baik yang sedang menjabat maupun yang baru, harus bekerja sama dan pada saat yang sama memiliki rasa ikatan dan persahabatan yang istimewa. Berasal dari latar belakang yang berbeda, mereka membawa pengalaman berharga bagi organisasi dan harus saling belajar.

Tujuan Pelatihan

Tujuan utama Pelatihan Tata Kelola Perusahaan bagi Anggota Dewan ini adalah untuk:

  • Memastikan landasan yang kokoh bagi kerangka tata kelola perusahaan yang efekti
  • Memastikan komposisi dewan direksi yang menyeluruh
  • Memberdayakan dan membekali Dewan Direksi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugasnya sebagai Direktur
  • Memastikan pemahaman yang mendalam tentang bidang-bidang utama kode etik tata kelola perusahaan
  • Memperkenalkan praktik terbaik Dewan Direksi untuk manajemen yang efektif dan efisien
  • Mendorong transparansi, akuntabilitas, pengungkapan yang adil, dan perlakuan yang setara bagi seluruh pemangku kepentingan di seluruh organisasi
  • Menghindari konflik kepentingan dalam organisasi
  • Memastikan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko yang efisien di dalam perusahaan
  • Memahami peran direktur, manajemen, dan berbagai komite di dewan direksi
  • Menerapkan pengetahuan dan informasi yang diperoleh melalui program pelatihan untuk meningkatkan sistem dan proses yang ada di dalam organisasi, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi
  • Memahami persyaratan peraturan dan pelaporan serta memastikan kepatuhan
  • Mempromosikan dan mendorong kegiatan lingkungan dan sosial untuk kebaikan masyarakat secara keseluruhan
Metodologi Penelitian

Sertifikasi Pelatihan Tata Kelola Perusahaan kolaboratif untuk Anggota Dewan & Direktur ini akan mencakup metode pelatihan berikut:

  • Lectures
  • Seminars & Presentations
  • Group Discussions
  • Assignments
  • Case Studies & Functional Exercises
Manfaat Bagi Organisasi

Setelah menyelesaikan Sertifikasi Pelatihan Tata Kelola Perusahaan untuk Anggota Dewan & Direktur ini, peserta akan memperoleh manfaat berikut bagi organisasi:

  • Memperoleh pemahaman mendalam tentang ruang lingkup dan prinsip-prinsip utama tata kelola perusahaan
  • Memastikan sistem tata kelola selaras dengan misi dan visi organisasi secara keseluruhan
  • Menjaga hubungan baik dengan karyawan, mitra bisnis, lembaga pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya
  • Mengevaluasi dan memitigasi risiko sekaligus memaksimalkan peluang melalui keputusan strategis di tingkat dewan
  • Memastikan adanya pengendalian internal yang efektif untuk melindungi aset perusahaan
  • Mempromosikan budaya transparansi dan keadilan dengan seluruh pemangku kepentingan
  • Memainkan peran penasihat yang bermakna dalam konteks lanskap digital yang semakin berkembang
  • Menekankan pentingnya Pengendalian Internal dan Manajemen Risiko yang efektif
  • Mengadopsi praktik terbaik tata kelola perusahaan
  • Menafsirkan informasi keuangan dan memberikan pengawasan yang efektif
  • Mengevaluasi efektivitas dewan serta kinerja masing-masing direktur
  • Meninjau dan merevisi kebijakan dan sistem agar tetap relevan dan kompetitif di pasar
Manfaat Untuk Pribadi

Setelah menyelesaikan Sertifikasi Pelatihan Tata Kelola Perusahaan untuk Anggota Dewan & Direktur ini, para peserta akan mendapatkan manfaat pribadi dalam bidang-bidang berikut:

  • Memainkan peran strategis dalam kesuksesan dan pencapaian organisasi mereka
  • Mengisi kesenjangan pengetahuan atau keterampilan yang akan meningkatkan efektivitas mereka
  • Meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran seorang direktur atau calon direktur
  • Memahami laporan keuangan dan mengembangkan kemampuan untuk mempertanyakan angka-angka
  • Memahami persyaratan untuk memeriksa apakah dewan telah dibentuk sesuai dengan praktik bisnis terbaik
  • Memahami proses evaluasi direktur lain dan proses rapat dewan
  • Memperoleh pengetahuan yang cukup untuk melatih para profesional lain tentang berbagai aspek tata kelola perusahaan
  • Memperoleh informasi terperinci tentang tata kelola perusahaan, termasuk kode etik tata kelola perusahaan, prinsip, model, kebijakan, dan praktik terbaik
  • Mengembangkan kemampuan untuk menetapkan dan mengelola kebijakan dan pedoman tata kelola perusahaan yang jelas, yang pada gilirannya mengundang peluang lebih lanjut untuk mengemban peran dan tanggung jawab yang lebih tinggi
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko maupun peluang
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Modul 1 : Introduction to Corporate Governance

  • Modul 2 : Board of Directors

  • Modul 3 : Board Committees

  • Modul 4 : Introduction to Risk Management

  • Modul 5 : O.E.C.D. Guidelines

  • Modul 6 : Understanding Financial Statement

  • Modul 7 : Finance for Non-Finance Professionals

  • Modul 8 : Internal Controls

  • Module 9 : Role of HR Department