Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

CORPORATE COMMUNICATIONS

CORPORATE COMMUNICATIONS

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia, demikian juga halnya dengan lingkungan perusahaan. Corporate communication atau komunikasi perusahaan bisa jadi adalah kunci dari hal tersebut. Terlebih, saat ini dunia tengah terus berkembang. Oleh karena itu, peran corporate communication menjadi sangat penting untuk kemajuan dari perusahaan.Terkait dengan komunikasi perusahaan, umumnya orang lebih mengenal posisi public relations atau humas. Meski demikian, seiring perkembangan zaman keberadaan posisi corporate communication semakin dibutuhkan.
Seperti digambarkan bahwa corporate communication memegang peran penting dalam bagaimana sebuah perusahaan digambarkan di mata investor, karyawan, dan masyarakat umum.
Menurut Northeastern University, corporate communication adalah cara di mana perusahaan berkomunikasi dengan beragam audiens, baik itu internal maupun eksternal. Tentunya udiens ini sendiri sangat bervariasi. Umumnya elemen yang disasar adalah pelanggan atau pelanggan potensial, karyawan, stakeholder penting seperti investor, media, khalayak umum, dan juga pemerintah.
Selain itu, corporate communication bertanggung jawab untuk menangani berbagai macam kasus atau krisis atau masalah pada perusahaan. Dan juga berperan dalam komunikasi di bidang marketing.
Corporate communication adalah sebuah wadah atau sarana dalam berkomunikasi baik internal atau eksternal. Kedua hal ini tidak boleh dianggap sebagai dua hal yang terpisah. Komunikasi eksternal dan internal harus berjalan beriringan agar tujuan bersama dapat terpenuhi.
Selain untuk menyatukan komunikasi di perusahaan, ada juga beberapa fungsi penting corporate communication, di antaranya adalah : Branding perusahaan, Komunikasi krisis, Berbagi informasi, Tanggung jawab perusahaan, Memperbaiki produktivitas pegawai.

Tujuan Pelatihan

Dengan berahirnya pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan untuk mampu:

  • Kemampuan untuk mencapai tingkat kompetensi yang lebih tinggi dalam komunikasi perusahaan
  • Umpan balik secara real-time mengenai komunikasi lisan dan digital yang selaras dengan standar komunikasi global
  • Kemampuan untuk mengenali fungsi dan potensi peran Corporate Communications
  • Pemahaman tentang strategi dan persyaratan untuk Komunikasi Krisis
  • Kemampuan untuk mengkomunikasikan ide dengan lancar tentang topik apa pun
  • Keterampilan untuk memulai percakapan, menawarkan pendapat, menanggapi pertanyaan wawancara, dan membangun hubungan
  • Pemahaman tentang berapa banyak alat yang dapat digunakan untuk membangun budaya organisasi yang kuat melalui Corporate Communications yang efektif
Metodologi Penelitian

Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) merancang program pelatihan untuk memenuhi kebutuhan para peserta pelatihan kami dengan latar belakang dan pengalaman profesional mereka yang unik. Sesi kelas dengan presentasi oleh fasilitator yang sangat berpengalaman merupakan bagian utama dari program pelatihan kami.

Kami menginspirasi keterlibatan peserta pelatihan melalui diskusi kelompok, permainan peran, aktivitas kelompok, penilaian, dan banyak lagi. Peserta pelatihan juga diundang untuk berbagi pemahaman, masalah, keprihatinan, dan praktik terbaik dari organisasi mereka masing-masing, yang difasilitasi oleh pelatih untuk mengoptimalkan pembelajaran bagi seluruh kelompok peserta.

Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) mengikuti metodologi pelatihannya yang unik, yaitu Model Lakukan-Tinjau-Pelajari-Terapkan.

Manfaat Bagi Organisasi

Organisasi yang para profesionalnya mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Individu menjadi lebih sadar akan peran dan tanggung jawab mereka serta potensi dari fungsi Corporate Communications
  • Lebih banyak kalibrasi dalam komunikasi, selaras dengan nilai-nilai merek organisasi Anda
  • Penghormatan yang lebih besar terhadap individu, organisasi, dan nilai merek
  • Meningkatnya permintaan akan barang dan jasa yang ditawarkan organisasi Anda di pasar yang beragam
  • Berkurangnya penyebaran negatif terhadap barang/jasa Anda
  • Kredibilitas pasar akan meningkat karena rekomendasi pemangku kepentingan
  • Peningkatan kinerja individu karena mereka sekarang memiliki pemahaman dan rasa tanggung jawab yang lebih tinggi
  • Budaya yang lebih baik, karena dampak dari fungsi Corporate Communications, ketika digunakan secara positif
  • Atrisi yang lebih rendah karena para delegasi akan merasa diinvestasikan, didengarkan, dihargai, dan dimotivasi sebagai karyawan
Manfaat Untuk Pribadi

Pemahaman yang jelas mengenai Corporate Communications, para profesional yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Pemahaman yang jelas tentang peran dan fungsi komunikasi internal dan eksternal perusahaan
  • Peningkatan kesadaran akan perilaku manusia dan pengaruh serta dampaknya terhadap gaya komunikasi
  • Akses ke sesi latihan konten dan umpan balik yang secara eksklusif dimiliki dan dijalankan oleh Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi area peluang seseorang dalam meningkatkan keterampilan mereka di bidang ini
  • Memahami dampak dari komunikasi bisnis di bawah standar pada individu dan organisasi
  • Rasa pencapaian yang berkontribusi pada pendekatan proaktif dan positif dalam komunikasi eksternal
  • Peningkatan kinerja dan hubungan individu secara keseluruhan, karena peningkatan kompetensi dalam peran pekerjaan
  • Kemampuan untuk menjadi panutan komunikasi yang sangat baik dalam organisasi untuk diamati dan ditiru oleh bawahan
  • Kemampuan untuk mengelola krisis atas nama organisasi secara efektif
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Modul 1 : An Introduction to Corporate Communication

  • Modul 2 : Behaviours & Communication Styles

  • Modul 3 : Types of Business Information

  • Modul 4 : Internal Communication (Part – I)

  • Modul 5 : Internal Communication (Part – II)

  • Modul 6 : External Communication (Part I)

  • Modul 7 : Crisis Communication

  • Modul 8 : Presentation and Public Speaking