Competency Based Interviewing Skills
Competency Based Interviewing Skills
Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 40.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 70.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Setiap orang selalu dapat mempelajari cara mengatakan hal yang benar di tempat yang tepat, namun ketika menjadi orang tersebut, tidak ada yang dapat mengajari untuk “berbicara dengan benar”. Ada banyak alasan mengapa banyak orang kehilangan kendali dalam situasi yang penuh tekanan. Penting untuk berlatih agar tetap tenang dalam situasi yang sangat sulit. Sebagian orang bisa saja unggul dalam membaca naskah, namun ketika diberi pertanyaan yang tidak biasa, jawabannya akan menunjukkan kepalsuan.
Sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk bisnis. Metode wawancara berbasis perilaku menggali respon terbaik untuk mengevaluasi keterampilan, pengetahuan, dan pandangan kandidat. Respon berbasis situasi berbicara banyak tentang kepribadian dan karakter kandidat dan bagaimanakah performa karyawan dalam menghadapi kesulitan/perubahan di tempat kerja.
Pelatihan wawancara berbasis perilaku adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Pelatihan (Jakarta International Customer Service International Institute) JICSI ini akan memberikan informasi yang memadai mengenai keterampilan, pendidikan, pengalaman, dan nilai-nilai yang sesuai dengan budaya dan sistem nilai perusahaan.
- Mampu untuk mendefinisikan apa yang dimaksud dengan wawancara berbasis perilaku
- Keunggulan wawancara berbasis perilaku
- Mampu untuk mempelajari cara mengidentifikasi kandidat yang paling cocok berdasarkan kecocokan nilai mereka
- Mampu untuk mengembangkan keterampilan untuk melaksanakan wawancara secara efektif
- Mampu untuk membangun kemampuan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan perilaku untuk menilai kompetensi
- Mampu untuk merekrut kandidat terbaik di pasar yang kompetitif dan menghemat biaya
- Mampu untuk menjalankan proses wawancara yang dapat mereka gunakan untuk menentukan kompetensi dan kecocokan budaya kandidat berdasarkan pemahaman mereka akan budaya perusahaan, spesifikasi pekerjaan, dan kompetensi
- Mampu untuk membangun skenario yang spesifik untuk setiap peran dan menilai respon untuk kesuksesan yang optimal
- Mampu untuk melibatkan panel untuk menghindari segala jenis bias yang dapat menghalangi penilaian
- Mampu untuk mendokumentasikan dan mencatat semua pengamatan untuk evaluasi yang adil dan jujur
Jakara International Customer Service Institute (JICSI) telah merancang program pelatihan ini pada Pelatihan Wawancara Berbasis Perilaku untuk individu dalam perekrutan, peran perekrutan kepemimpinan, perekrutan berbasis peran di dalam perusahaan manapun.
Program ini merupakan sesi yang sangat kolaboratif dan interaktif karena para peserta dari berbagai budaya berpartisipasi dalam program pelatihan ini dan berbagi pengalaman dan tantangan di kantor mereka masing-masing.
Modul yang disesuaikan dapat diatur untuk kebutuhan pembelajaran khusus perusahaan. Program ini melibatkan diskusi kelompok, studi kasus, dan permainan peran.
- Perusahaan akan memiliki kandidat yang sangat berkualitas dan berpengalaman di pasar, yang sesuai dengan budaya perusahaan
- Mampu untuk mempekerjakan kandidat yang memiliki nilai-nilai yang selaras dengan perusahaan tidak akan menimbulkan perselisihan yang dapat mencegah konflik disfungsional
- Mampu untuk menghemat waktu yang diinvestasikan dalam proses perekrutan dengan melakukan perekrutan yang benar untuk pertama kalinya
- Mampu untuk mempekerjakan kandidat yang tepat akan menghemat biaya
- Mampu untuk mempekerjakan keahlian yang spesifik dan relevan untuk profil pekerjaan
- Mampu untuk membuat repositori pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk memungkinkan pewawancara membuat keputusan yang faktual
- Mampu untuk mengevaluasi kandidat untuk berbagai situasi kritis yang mungkin dihadapi dalam perusahaan
- Mampu untuk menghindari diskriminasi dan mempekerjakan kandidat yang selaras dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan
- Mampu untuk menampilkan kandidat yang tidak sesuai dengan menggunakan berbagai metodologi dan pendekatan; simulasi, permainan peran, kuesioner, penilaian psikometri, dll.
- Mampu untuk melakukan beberapa putaran untuk mengurangi bias penolakan yang tidak adil
- Mampu untuk mempekerjakan duta brandyang dapat menjadi wajah perusahaan
- Mampu untuk memanfaatkan metodologi yang tepat untuk mewawancarai kandidat berdasarkan perilaku
- Mampu untuk mempelajari cara menyesuaikan pertanyaan sesuai dengan profil pekerjaan
- Mampu untuk mempelajari cara menggali kandidat untuk mengeksplorasi respon yang diberikan
- Mampu untuk manfaatkan waktu untuk mengukur nuansa dari persyaratan profil pekerjaan
- Mampu untuk mempelajari untuk tetap tenang dan tetap netral meskipun respon yang diberikan tidak terduga (expect the unexpected)
- Mampu untuk mempelajari untuk mendapatkan pemahaman tentang kesukaan dan ketidaksukaan pribadi kandidat dengan menggali lebih dalam
- Mampu untuk mempelajari tingkat keterlibatan kandidat
- Mampu untuk menyelidiki untuk memahami kekuatan dan kelemahan kandidat
- Mampu untuk mempelajari berbagai keterampilan kandidat seperti kreativitas, pemecahan masalah, penanganan pelanggan, dll. berdasarkan persyaratan peran
- Mampu untuk mempelajari kebiasaan disiplin dan kebersihan dari kandidat
- Mampu untuk mempelajari kemampuan kandidat untuk beradaptasi dan kesiapan untuk menyesuaikan diri jika diperlukan
- Mampu untuk menilai kemampuan untuk menangani tekanan dan klien yang sulit
- Mampu untuk mengukur kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik
- Mampu untuk meninjau kembali lembar evaluasi dan menilai kekuatan dan kelemahannya
- Mampu untuk mempelajari bagaimana penilaian kandidat tidak hanya berdasarkan jawaban/ prasangka apa pun
- Modul 1 : Introduction of Competency Based Interview
- Modul 2 : Planning and conducting the interview
- Modul 3 : Assessing and Identifying Competencies
- Modul 4 : Questions to determine the competencies
- Modul 5 : Basics of Interviewing
- Modul 6 : Competency versus General interviewing
- Modul 7 : Shortlisting the Candidate
- Modul 8 : Extending the offer
- Modul 9 : Improvisation and reinventing the wheel
- Modul 10 :FAQ’s, Roleplays, Case studies and Discussions