Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

DEBT Collection, Recovery, Negotiation and Credit Control Management Course Outline

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Debt Collection adalah proses menguraikan pembayaran yang jatuh tempo oleh debitur (bisnis atau individu). Organisasi yang menjanjikan penagihan utang dikenal sebagai agen penagihan atau penagih utang. Penagih bekerja atas nama kreditur untuk membuat debitur melunasi pembayaran yang tertunda, dengan biaya atau komisi.

Penagihan dan pemulihan utang sangat penting karena masalah arus kas dapat menyebabkan pertahanan organisasi yang serius. Hal yang perlu diperhatikan adalah Debt Collection dan Pemulihan Hutang hampir digunakan secara sinonim, namun ada sedikit perbedaan di antara keduanya.

Pelatihan ini akan memberdayakan pemahaman dan informasi lengkap mengenai Debt Collection, pemulihan hutang, negosiasi dan manajemen pengendalian kredit. Materi ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dalam semua bidang penting, sehingga memberikan pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk menjalankan tanggung jawab yang lebih tinggi dalam organisasi, yang pada akhirnya akan mendorong perkembangan.

Tujuan Pelatihan

Setelah menyelesaikan Debt Collection, Recovery, Negotiation and Credit Control Management ini dengan baik, para peserta akan dapat :

  • Memahami konsep dasar manajemen kredit dan strategi penagihan utang
  • Mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko kredi
  • Meningkatkan kemampuan negosiasi dalam penagihan
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif dalam penagihan
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penagihan
  • Mengelola konflik dan sengketa terkait penagihan
  • Menerapkan teknologi dan alat manajemen kredit yang inovatif
  • Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Metodologi Penelitian

Program pelatihan Debt Collection, Recovery, Negotiation and Credit Control Management akan terdiri dari metode pelatihan berikut ini:

  • Presentasi
  • Roleplays
  • Diskusi Kelompok
  • Penugasan
  • Kegiatan
  • Survei
  • Studi Kasus & Latihan Fungsional
  • Pre-test & Post-test
  • Evaluasi
Manfaat Bagi Organisasi

Perusahaan yang menominasikan karyawannya untuk berpartisipasi dalam pelatihan Debt Collection, Recovery, Negotiation and Credit Control Management ini dapat memperoleh manfaat sebagai berikut :

  • Meningkatkan Efisiensi Penagihan
  • Mengurangi Risiko Kerugian Piutang
  • Meningkatkan Arus Kas
  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan
  • Meningkatkan Keterampilan Negosiasi
  • Meningkatkan Citra Perusahaan
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan
  • Membentuk Jiwa Kolektor yang Profesional
Manfaat Untuk Pribadi

Peserta yang berpartisipasi dalam Program Pelatihan Debt Collection, Recovery, Negotiation and Credit Control Management ini dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:

  • Peningkatan Keterampilan Negosiasi
  • Manajemen Keuangan Pribadi yang Lebih Baik
  • Peningkatan Kepercayaan Diri
  • Kemampuan Berkomunikasi yang Lebih Efektif
  • Perluasan Jaringan Profesional
  • Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Module 1 : Types of Debt Collectors

  • Module 2 : Debt Recovery Process

  • Module 3 : Measures Reducing Bad Debt Recovery

  • Module 4 : Effective Debt Collection Strategies

  • Module 5 : Challenges Impacting Debt Collection Operations

  • Module 6 : Debt Collection Agency Functions

  • Module 7 : Methods of Debt Collection Agencies to Recover Debt

  • Module 8 : Effective Credit Policy Components

  • Module 9 : Effective Debt Settlement Negotiations

  • Module 10 : Cash Flow Management

  • Module 11 : Credit Control System Set-Up

  • Module 12 : Credit Risk Modelling Examples

  • Module 13 : Factors Affecting Borrowers’ Credit Risk