Behavioral Based Interview Training for Hiring Managers
Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 40.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 70.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Berbagai kalangan masyarakat pastinya ada banyak cara yang akan didapatkan dalam mempelajari bagaimana mengatakan hal yang benar di tempat yang tepat, akan tetapi ketika harus menjadi pribadi tersebut maka tak seorangpun yang dapat mengajarkan kita untuk ” bagaimana cara berbicara dengan benar”. Berbagai kalangan akan kehilangan kendali dalam situasi yang penuh tekanan. Tentunya butuh waktu untuk berlatih dengan tenang meskipun dihadapkan dalam keadaan yang begitu sulit. Setiap kalangan bisa saja hebat dalam membaca naskah, namun ketika diberikan beberapa pertanyaan yang tidak biasa, maka jawabannya akan menunjukkan adanya unsur manipulasi.
Maka dari itu sangatlah penting bagi suatu perusahaan untuk merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk usaha. Dengan melakukan wawancara berbasis perilaku mengekstrak respons terbaik untuk mengevaluasi keterampilan, pengetahuan, dan pandangan terhadap kandidat. Respon yang berbasis situasi berbicara banyak tentang kepribadian dan karakter kandidat serta bagaimana mengahdapi pekerjaan apabila sedang terjadi kesulitan/perubahan di tempat kerja secara real-time.
Wawancara berbasis perilaku adalah bagian penting dari suatu perusahaan. Pelatihan di Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) ini akan memberikan informasi yang memadai mengenai keterampilan, pendidikan, pengalaman, dan nilai-nilai yang sesuai dengan budaya dan sistem nilai perusahaan.
- Mampu untuk mendefinisikan apa yang dimaksud dengan wawancara berbasis perilaku
- Mampu untuk mengetahui pentingnya wawancara berbasis perilaku
- Mampu untuk mempelajari cara mengidentifikasi kandidat yang paling cocok berdasarkan kecocokan nilai mereka
- Mampu untuk mengembangkan keterampilan untuk melaksanakan wawancara secara efektif
- Mampu untuk membangun kemampuan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan perilaku untuk menilai kompetensi
- Mampu untuk menghadirkan kandidat terbaik di pasar yang kompetitif dan menghemat anggaran
- Mampu untuk menjalankan proses wawancara yang dapat digunakan untuk menentukan kompetensi dan kecocokan budaya kandidat berdasarkan pemahaman mereka akan budaya perusahaan, spesifikasi pekerjaan, dan kompetensi
- Mampu untuk membuat skenario yang spesifik untuk setiap peran dan menilai respons untuk kesuksesan yang optimal
- Mampu untuk melibatkan panel untuk menghindari segala jenis bias yang dapat menghalangi penilaian
- Mampu untuk mendokumentasikan dan mencatat semua pengamatan untuk evaluasi yang adil dan jujur
Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) telah merancang program pelatihan ini pada Pelatihan Wawancara Berbasis Perilaku untuk individu dalam perekrutan, peran perekrutan kepemimpinan, perekrutan berbasis peran di perusahaan manapun.
Program ini merupakan sesi yang sangat kolaboratif dan interaktif karena para peserta dari berbagai budaya berpartisipasi dalam program pelatihan ini dan berbagi pengalaman dan tantangan di kantor tempat kerja masing-masing.
Modul yang disesuaikan dapat diatur untuk kebutuhan pembelajaran spesifik perusahaan. Program ini melibatkan diskusi kelompok, studi kasus, dan permainan peran.
Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) mengikuti Model Lakukan-Tinjau-Pelajari-Terapkan untuk menggabungkan pembelajaran ke dalam ruang kerja kantor sehari-hari.
- Mampu untuk menjadikan perusahaan yang memiliki kandidat yang sangat berkualitas dan berpengalaman di pasar, yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan secara budaya
- Mampu untuk mempekerjakan kandidat yang memiliki nilai-nilai yang selaras dengan perusahaan tidak akan menimbulkan perselisihan yang dapat mencegah konflik disfungsional
- Mampu untuk menghemat waktu yang diinvestasikan dalam proses perekrutan dengan melakukan perekrutan yang benar untuk pertama kalinya
- Mampu untuk mempekerjakan kandidat yang tepat akan menghemat biaya
- Mampu untuk mempekerjakan keahlian yang spesifik dan relevan untuk profil pekerjaan
- Mampu untuk membuat repositori pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk memungkinkan pewawancara membuat keputusan yang faktual
- Mampu untuk menilai kandidat untuk berbagai situasi kritis yang mungkin dihadapi dalam perusahaan/peran
- Mampu untuk menghindari diskriminasi dan mempekerjakan kandidat yang selaras dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan
- Mampu untuk menyaring ketidaksesuaian dengan menggunakan berbagai metodologi dan pendekatan; simulasi, permainan peran, kuesioner, penilaian psikometri, dll.
- Mampu untuk melakukan beberapa putaran untuk mengurangi dasar pertimbangan penolakan yang tidak adil
- Mampu untuk mempekerjakan para duta brand yang dapat menjadi wajah perusahaan
- Mampu untuk menggunakan metodologi yang tepat untuk mewawancarai kandidat berdasarkan perilaku
- Mampu untuk mempelajari cara menyesuaikan pertanyaan sesuai dengan profil pekerjaan
- Mampu untuk mempelajari cara menggali kandidat untuk mengeksplorasi respon yang diberikan
- Mampu untuk memanfaatkan waktu untuk mengukur nuansa dari persyaratan profil pekerjaan
- Mampu untuk mempelajari untuk tetap tenang dan tetap netral meskipun respon yang diberikan tidak terduga (expect the unexpected)
- Mampu untuk mempelajari untuk mendapatkan pemahaman tentang kesukaan dan ketidaksukaan pribadi kandidat dengan menggali lebih dalam
- Mampu untuk mempelajari tingkat keterlibatan kandidat
- Selidiki untuk memahami kekuatan dan kelemahan kandidat
- Mampu untuk mempelajari berbagai keterampilan kandidat seperti kreativitas, pemecahan masalah, penanganan pelanggan, dll. berdasarkan persyaratan peran
- Mampu untuk mempelajari kebiasaan disiplin dan kebersihan dari kandidat
- Mampu untuk mempelajari kemampuan kandidat untuk beradaptasi dan kesiapan untuk menyesuaikan diri jika diperlukan
- Mampu untuk menilai kemampuan untuk menangani tekanan dan klien yang sulit
- Mampu untuk mengukur kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik
- Mampu untuk meninjau kembali lembar evaluasi dan menilai kekuatan dan kelemahannya
- Modul 1 : Introduction of Behavioural Based Interviews
- Modul 2 : Competency Mapping
- Modul 3 : Behavioural Interview Essentials
- Modul 4 : Different Methodology
- Modul 5 : Interviewing Basics
- Modul 6 : Evaluating the right Competency
- Modul 6 : Evaluating the right Competency
- Modul 7 : Shortlisting Candidate
- Modul 8 : Identifying behaviours
- Modul 9 : Documentation and Recording for future reference
- Modul 10 : Communicating Feedback to the candidate
- Modul 11 : FAQ’s, Roleplays, Case studies and Discussions