Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

E-Commerce Customer Service

Pelaksanaan Pelatihan 15-16 Oktober 2025

aaa

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Gambaran Umum Program​

Pelanggan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah organisasi. Kita sering mendengar pernyataan seperti “Pelanggan adalah Raja” dan “Pelanggan selalu benar”. Pernyataan-pernyataan ini menunjukkan kepada kita bahwa di masa sekarang pelanggan sangatlah penting dan krusial untuk menjalankan bisnis.

Setiap organisasi yang menjual produk atau layanan selalu menjual kepada pelanggan akhir, kunci sebenarnya adalah membentuk hubungan tersebut dan mempertahankan mereka. Layanan pelanggan telah menjadi kompetensi penting dalam organisasi saat ini, di mana setiap organisasi ingin meningkatkan keterampilan mereka tentang cara membuat pelanggan terkesan dan membuat mereka merasa istimewa.

Evolusi dalam bisnis telah menjadikan keterampilan layanan pelanggan sebagai pembeda utama karena gaya hidup orang terus berubah dan pelanggan mencari kenyamanan dan tambahan itu. Sebelumnya, kita memiliki pelanggan yang merasa puas dan senang dengan produk, namun sekarang mereka ingin melihat daya tarik, gaya, tingkah laku, dan tambahan yang bisa mereka dapatkan. Di sinilah “Layanan” berperan sebagai pembeda.

Layanan pelanggan adalah tentang memiliki dasar-dasar dasar rasa hormat, mendengarkan, minat yang tulus, empati, dan menunjukkan penghargaan yang tulus. Inilah saat yang tepat untuk membawa keterampilan ke tingkat berikutnya dan mengembangkan kepribadian kita di mana Anda dapat mengubah pelanggan Anda dan mempertahankannya dalam bisnis. Bayangkan, bagaimana jadinya, ketika seorang pelanggan menjadi pelanggan Anda seumur hidup dan mengatakan bahwa ia akan membeli produk atau layanan hanya dari Anda? Apakah itu benar-benar fantastis? Program ini akan membuat Anda melakukan hal itu. Ini tentang mengembangkan hubungan Anda dengan pelanggan dan melangkah lebih jauh.

Tujuan Pelatihan​

Program ini membekali Anda untuk mengasah keterampilan mendengarkan kebutuhan pelanggan, apa yang mereka butuhkan, dan cara mengatasi masalah mereka, sehingga meningkatkan indeks kepuasan pelanggan. Program ini meningkatkan keterampilan Anda dan bekerja lebih keras untuk bekerja sama dengan pelanggan. Setelah menyelesaikan Program Pelatihan Layanan Pelanggan E-Commerce ini dengan sukses, peserta akan dapat:

Metode Pelatihan

Program Pelatihan Layanan Pelanggan E-Commerce yang kolaboratif ini akan terdiri dari metode pelatihan berikut:

a1

Presentations

2120630-200

Roleplays

a3

Group Discussions

a4

Lectures and Seminar Method

a5

Assignments

8291209

Activities

poll-icon-128x128-cksptypj

Polls

icon2

Surveys

3

Question and answer score

Manfaat Bagi Pribadi

Seseorang dapat memperoleh manfaat dari program ini dengan berbagai cara hanya jika mereka bersedia dan berpartisipasi. Individu yang berpartisipasi dalam Program Pelatihan Layanan Pelanggan E-Commerce ini dapat memperoleh manfaat darinya dengan cara-cara berikut:

Manfaat Bagi Organisasi

Organisasi yang ingin membuat pelanggan mereka merasa istimewa dan penting harus mempertimbangkan untuk menominasikan karyawan mereka untuk program ini. Perusahaan yang menominasikan karyawan mereka untuk berpartisipasi dalam Program Layanan Pelanggan Dasar ini dapat memperoleh manfaat dengan cara berikut:

apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?

MODUL-I

Introduction to Customer Service

MODUL-II

Skill for Customer Services E-Commerce

MODUL-III

Social Media Customer Service

MODUL-IV

The Most Important Social Media Websites

MODUL-V

Social Media Engagement

MODUL-VI

The Most Important Social Media Websites

MODUL-VII

Build Rapport and connect with your customer

MODUL-VIII

Customer Service Principles

MODUL-IX

Create Trust Credibility & Respect

MODUL-X

Build the Right Attitude

MODUL-XI

Develop Empathy

MODUL-XII

Dealing with Customers complaints

MODUL-XIII

Handling Customer Complaints

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Peserta yang sudah memiliki usaha
  • Peserta yang belum memiliki usaha, tetapi ingin belajar cara menggunakan telepon seluler untuk bertransaksi
  • Peserta yang belum memiliki usaha, tetapi ingin belajar cara membuat e-commerce
  • Orang-orang yang ingin meningkatkan daya saing mereka di era digital.
  • Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta Utara (Offline)
  • 15 -16 Oktober 2025
  • Zoom Meeting (online)
  • Pendaftaran akan di tutup : 14 Oktober 2025

Registration Now :

Apabila pelatihan diadakan oleh perusahaan, masukkan alamat perusahaan ya.
Pilih pelatihan
Sesuaikan dengan jenis pelatihan yang disediakan.

E-Commerce Customer Service

A customer is an integral part of an organization. We have often heard statements like “Customer is King” and “Customer is always right”. These show us that in these times that customers are really important and critical to run the business. 

Any organization selling a product or a service is always selling to the end customer, the real key is to form that relationship and retain them. Customer service has been a crucial competency in organizations, these days, where each one is looking to enhance their skills of how we impress the customer and make them feel special.

Evolution in business has made customer service skills a leading differentiator as the lifestyle of people keeps changing and customers are looking for that extra and comfort. Earlier, we had customers being satisfied and content with the product, however   today they want to look at the appeal, the style, the mannerisms, and the extra that they can get. It is the “Service” that acts as the differentiator here.

Customer service is about having the basic fundamentals of respect, listening, genuine interest, empathy, and showing sincere appreciation. It is the right moment to take the skills to the next level and cultivate our personality where you can convert your customers and keep them in the business. Imagine, how would it be, when a customer is your customer for life and says that he would purchase the product or service only from you? Would it be absolutely fantastic? This program will make you do just that. It is about developing your relationship with the customer and going the extra mile.

This program equips you to work on your skill to listen to the customer’s needs, what they require and how to address their pain areas and thereby increase the customer satisfaction index. This program is up-skilling yourself and going that extra mile to work with the customer. Upon completing this E-Commerce Customer Service Training Program successfully, participants will be able to:

  • Be equipped to understand the customer using a customer-focused approach
  • Recognize the importance of customer service and the values required for it
  • Be a proactive listener, apply the listening skills and empathize with the customer
  • Interact with the customer using effective communication skills
  • Ask questions using the Questioning Model
  • Understand the customer expectations and work towards exceeding them
  • Work on their body language and gestures in order to showcase a professional approach

This collaborative E-Commerce Customer Service Training Program will comprise of the following training methods :

  • Presentations
  • Roleplays
  • Group Discussions
  • Lectures & Seminar Method
  • Assignments
  • Activities
  • Polls
  • Surveys
  • Question and answer score

An individual can benefit from this program in various ways only out of their willingness and participation. Individuals who participate in this E-Commerce Customer Service Training Program can gain from it in the following ways:

 

  • Know who the customer is and what do they expect
  • Understand how to interact with the customer and make them feel important
  • Gain a clear understanding of self-awareness of our personality and the customer’s personality and how we can adapt to serve better
  • Get a detailed understanding of communication skills, body language and listening skills to interact with the customer and retain them for life
  • Have a reduction in the complaints from customers and focus on customer satisfaction.

Organizations wanting to make their customers feel special and important should look at nominating their employees for this program. Companies who nominate their employees to participate in this Basic Customer Service Program can benefit in the following ways:

  • Gain higher customer satisfaction from their consumer/end-user
  • Have their employees work on their interpersonal skills
  • Employees will focus on a more professional approach to interact with the customer
  • Reduction in complaints from the customer
  • The organization will be known for going the extra mile to support the customer
  • Participants who already have a business
  • Participants who do not have a business, but want to learn how to use a mobile phone for transactions
  • Participants who do not have a business, but want to learn how to create e-commerce
  • People who want to increase their competitiveness in the digital era.

Module 1. Introduction to Customer Service

Module 2. Skill for Customer Services E-Commerce

Module 3. Social Media Customer Service

Module 4. The Most Important Social Media Websites

Module 5. Social Media Engagement

Module 6. The Most Important Social Media Websites

Module 7. Build Rapport and connect with your customer

Module 8. Customer Service Principles

Module 9. Create Trust Credibility & Respect

Module 10. Build the Right Attitude

Module 11. Develop Empathy

Module 12. Dealing with Customers complaints

Module 13. Handling Customer Complaints

Alur Pelatihan

TESTIMONI

DOKUMENTASI

FAQ

Have any questions?

Layanan pelanggan e-commerce adalah strategi yang menyediakan dukungan kepada pelanggan yang membeli dari toko online. Layanan ini mencakup segala bentuk bantuan yang diberikan kepada pelanggan selama perjalanan belanja mereka, mulai dari pertanyaan pra-pembelian hingga dukungan pasca-pembelian.

Pasti dong kak!!  E-Commerce Customer Service telah memiliki sertifikasi yang sah dari JICSI yang berlaku untuk seluruh Indonesia. Jadi dijamin aman ya kak.

Mimin bantu jawab ya! jadi gini kak akan ada 2 kemungkinan yaitu :

  • Bisa kita Reschedule sesuai Request dari kaka nih dengan pilihan tanggal yg kami berikan
  • Bisa dibatalkan dan itu kembali lagi dari keputusan kakak lanjut atau tidaknya ya

Adapun biaya pendaftaran E-Commerce Customer Service yaitu :

Bisa mendaftar melalui online yang sudah tersedia  di button apply ya kak

Setiap berakhirnya pelatihan maka akan ada 2 jenis ujian yaitu :

– Ujian dari internal yang sertifikasinya dikeluarkan oleh JICSI

– Ujian yang Certified oleh CSEAI

Jadwalnya sesuai dengan kesepakatan bersama dan jam pelatihan itu dimulai dari jam 08.00 s.d 17.00 ya kak

Pembayaran dapat dilakukan melalui Rekening Bank BCA, A.N PT. JICSI Nusantara Jaya dengan No.rek 277-8292-888 dan sertakan bukti TF nya ya kaka.

Customer service akan memberitahukan kaka jika lulus atau tidak ya

Kaka akan mendapat informasi dari customer service jika sudah berhasil mendaftar

Jika kaka sakit jadwal pelatihan tidak dapat diubah.

Mohon kaka menghubungi kembali whatsapp JICSI di nomor 0858833833383, agar dapat perbaikan data yang salah ya.

Diakhir Pelatihan JICSI akan mengadakan ujian, jika tidak lulus ujian 3 kali, maka kami tidak bisa mengeluarkan Sertifikat seperti yang diharapkan

Hari Rabu & Kamis | 26 & 27  Februari 2025


Kakak bisa mengikuti pelatihan di Jakarta, Surabaya, Bali

Kaka juga boleh melihat schedule di Website Kami ya 🙂

Messege from President JICSI

Sekitar 20 tahun yang lalu sebelum JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) didirikan, saya memperkirakan bahwa peran Customer Service semakin dibutuhkan. Saya yakin betul bahwa Customer Service tidak hanya ditampilkan sebagai frontliner akan tetapi di semua lini organisasi dan akan menjadi inti dari strategi dan tujuan perusahaan. Nyatanya tahun demi tahun berlalu semakin jelas bahwa peran Customer Service dalam suatu organisasi samakin berkembang dan semakin dibutuhkan.

Jika sebelumnya organisasi pemenang dikatakan sebagai organisasi yang mampu memberikan kualitas produk yang premium dengan harga murah telah cukup menjadi senjata pamungkas suatu organisasi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan harapan meningkatkan profit atau keuntungan. Tapi tunggu dulu, sekarang jaman telah berubah. Ekspektasi pelanggan pun berubah, harga murah dan kualitas premium belum cukup di mata pelanggan.

Harapan pelanggan terhadap layanan tidak akan pernah konstan. Nah di sinilah inti dari pentingnya pelatihan-pelatihan customer service yang selalu Up-date bagi perusahaan, sehingga muncul lah konsep baru yang terkait dengan layanan seperti Customer Oriented, Journey Oriented, Customer Centric, Experience Oriented, dan Experience Centric. Akan banyak strategi-strategi baru yang berpusat pada customer.

Bagaimana dengan karir Customer service kedepannya?

Seiring dengan berkembangnya teknologi di masyarakat saat ini, maka perkembangan karir customer service juga akan lebih dinamis. Posisi puncak di organisasi akan diminati oleh para pemilik bisnis dengan latar belakang Customer Service karena mereka menyadari bahwa jantung dari suatu perusahaan adalah pelanggan itu sendiri.

Oleh karena itu JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) telah mengantisipasi setiap pergerakan dan arah keinginan pelanggan saat ini, sehingga mempermudah bagi perusahaan untuk memetakan strategi bisnis ke depan dan mampu merebut hati pelanggan sebanyak-banyaknya melalui persiapan pelatihan yang dikemas sesuai dengan tuntutan pelanggan

Saya Rudyanto HP Manullang Ph.D selaku CEO & Founder JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI), mengajak teman-teman untuk mewujudkan pelayanan pelanggan yang terdepan, untuk menjadi perusahaan pemenang di tengah persaingan yang super ketat ini.

Salam perubahan

Rudyanto HP Manullang, Ph.D