Customer Centricity Training Program
Pelaksanaan Pelatihan 23-24 Juli 2025

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Marketing managers/Marketing heads
- Customer Service Professionals/Leaders and Managers
- Customer relationship managers/ Relationship managers
- General managers
- Sales professionals, sales person
Gambaran Umum Program​
Bagi organisasi yang berorientasi pada pelanggan, kepuasan pelanggan bukan hanya teori umum atau tren bisnis semata. Organisasi benar benar menerapkan prinsip ini yang selalu menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama, tidak hanya dalam mengambil keputusan tetapi juga dalam pelaksanaannya.
Manajemen sadar untuk memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil dalam organisasi wajib memprioritaskan pelanggan dan menciptakan nilai bagi mereka sebagai anggota organisasi dan juga pada pelanggan. Semangat untuk selalu menempatkan orientasi pada pelanggan terletak dalam upaya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan menjadi dasar utama dalam setiap aspek organisasi.
Oleh karena itu ada beberapa pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan dalam membangun organisasi yang berorientasi pada pelanggan, yaitu sebagai berikut :
- Mengapa konsep orientasi pelanggan berbeda dengan layanan pelanggan?
- Bagaimana organisasi dapat mengantisipasi kebutuhan dari pelanggan?
- Bagaimana orientasi pelanggan dapat digunakan untuk memperoleh keunggulan kompetitif dalam dunia industri?
- Bagaimana cara menetapkan tanggung jawab atas pengalaman pelanggan?
- Bagaimana cara memperkaya budaya orientasi pelanggan dalam organisasi?
Pertanyaan ini akan menjadi hambatan bagi organisasi yang ingin menerapkan prinsip organisasi yang berorientasi pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi manajemen dalam memahami aspek praktis secara mendalam agar menjadi organisasi yang benar-benar berorientasi pada pelanggan.
Dengan berakhirnya pelatihan ini, setiap peserta Pelatihan Customer Centricity diharapkan akan mampu untuk :
- Menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan dalam setiap transaksi atau tahap perjalanan pelanggan (Customer Journey).
- Menetapkan peran setiap karyawan dalam membangun budaya yang berorientasi pada pelanggan.
- Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pengalaman yang dipersonalisasi.
- Merancang program kepuasan pelanggan yang berbasis pada keunggulan kompetitif di pasar.
- Mampu untuk menyesuaikan produk/jasa dan proses berdasarkan kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.
- Meningkatkan retensi pelanggan melalui program yang lebih berorientasi pada pelanggan, sehingga mengurangi biaya akuisisi pelanggan.
Memahami praktik dan aplikasi terbaru dalam menerapkan strategi yang berpusat pada pelanggan.
- Studi kasus
- Problem solving
- Group discussions
- Diskusi kelompok
- Role playing
Dengan berakhirnya Pelatihan Customer Centricity ini, setiap peserta pelatihan akan mampu untuk memberikan manfaat bagi organisasi, yaitu sebagai berikut :
- Membangun tim kerja yang efisien dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
- Mengembangkan kemampuan untuk memahami kebutuhan dan harapan pelanggan dengan tepat waktu.
- Membuat perencanaan pengalaman pelanggan yang efektif dan efisien
- Berusaha memberikan pengalaman terbaik dengan biaya minimal.
- Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan berfokus pada daya saing yang berkelanjutan.
- Berani tampil beda dengan pesaing melalui strategi yang lebih berpusat pada pelanggan.
- Berinteraksi secara proaktif dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka.
- Memahami risiko dari mengabaikan pendekatan yang berpusat pada pelanggan.
Dengan berakhirnya pelatihan customer centricity ini, setiap peserta diharapkan untuk mendapatkan manfaat secara pribadi, sebagai berikut :
- Mempelajari strategi dalam menggunakan berbagai metrik dan variabel yang berfokus pada pelanggan.
- Mengembangkan kepemimpinan yang berorientasi pada pelanggan untuk tingkat manajemen dan juga tim.
- Memahami setiap keputusan organisasi termasuk keputusan operasional, yang wajib untuk mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sehingga dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang bersifat dinamis dan berkembang.
- Mampu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai perjalanan pelanggan (Customer journey) dan berupaya menciptakan nilai nilai positif dan berkesan pada setiap interaksi dengan pelanggan.
- Mempelajari strategi untuk meminimalisir hambatan potensial dalam perjalanan pelanggan (Customer journey).
- Modul 1 : Understanding Customer Centricity
- Modul 2 : Customer Equity
- Modul 3 : Customer Lifetime Value
- Moudul 4 : Customer Relationship Management
- Modul 5 : Developing Competitive Advantage
- Modul 6 : Developing Customer-centric Strategy
- Modul 7 : Marketing Perspective
- Modul 8 : Comprehending Customer Needs and Expectations