Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Aktivitas Modul 2 CCSP for Staff

Aktivitas Modul 2 CCSP for Staff

Please enter your email:

Temukan siapa saja siapa pelanggan internal dan pelanggan eksternal anda.

Sebutkan 3 orang dari masing-masing pelanggan tersebut.


Please enter your email:

Apakah organisasi Anda berencana untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik?

Coba gunakan checklist di bawah ini untuk organisasi Anda sendiri, atau organisasi yang Anda kenal.

Visi dan strategi organisasi : Apakah organisasi anda atau organisasi yang anda kenal sudah memiliki visi dan strategi pelayanan pelanggan yang jelas?

 
 

Budaya Organisasi : Adakah bagan struktur yang jelas, siapa yang bertanggung jawab terhadap masing-masing pelanggan (internal & eksternal)?

 
 

Sistem untuk menangani transaksi pelanggan : Apakah ada sistem yang jelas dan sederhana untuk menangani transaksi dengan pelanggan

 
 

Staff yang terlatih : Apakah staff yang berhadapan langsung dengan pelanggan sudah mendapatkan pelatihan dan pemahaman yang jelas terkait sistem dan prosedur organisasi mereka?

 
 

Mendengarkan pelanggan : Apakah organisasi menggunakan berbagai strategi untuk mengetahu apakah pelanggan mereka mendapatkan kepuasannya?

 
 

Please enter your email:

Jawablah pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara organisasi mendapatkan informasi terkait pelayanan dari pelanggan.

1. Apakah organisasi anda menggunakan kuesioner kepuasan pelanggan atau mystery shopper?

2. Seefektif apa follow up yang telah dilakukan oleh perusahaan Anda?

3. Selanjutnya, apa yang dilakukan oleh Tim Anda setelah mendapatkan informasi dari pelanggan Anda?

4. Bisakah Anda ceritakan apa yang akan terjadi ketika banyak pelanggan mengeluh tentang transaksi pelayanan pelanggan tertentu? Siapa yang akan menyelidiki kasus ini?

5. Siapa yang akan melakukan desain ulang prosedur pelayanan pelanggan?

6. Siapa yang akan melatih ulang karyawan dengan adanya sistem dan prosedur yang baru?


Sebutkan 3 manfaat adanya pelayanan  pelanggan / customer service terhadap aspek berikut ini :

1. Apa sajakah manfaat Customer Service terhadap Pelanggan? Sebutkan 3!

2. Apa sajakah manfaat Customer Service terhadap Organisasi? Sebutkan 3!

3. Apa sajakah manfaat Customer Service terhadap Pekerja? Sebutkan 3!