Internal Customer Service Course
About Course
Richard Branson pernah berkata, “Jaga karyawan Anda, dan mereka akan menjaga bisnis Anda” yang artinya adalah berinteraksi dengan pelanggan internal dan membuat pelanggan merasa senang agar dapat melibatkan karyawan dan memajukan bisnis.
Komunikasi dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan dalam menyelesaikan tugas dalam sebuah organisasi. Ketika Anda menginginkan budaya tempat kerja yang luar biasa, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah layanan pelanggan internal . Lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan didorong oleh layanan pelanggan internal yang efektif.
Mengapa Layanan Pelanggan Internal penting? Dikatakan, perlakukan Layanan Pelanggan Internal sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Rasa hormat dan kebaikan yang ditunjukkan kepada orang lain, yang menciptakan lingkungan saling percaya dan menghasilkan hasil positif sebagai sebuah tim. Indeks kepuasan pelanggan yang ingin kita capai dengan klien eksternal hanya dapat terwujud jika pelanggan internal merasa puas.
Jika Anda bertanya-tanya mengapa tingkat atrisi tinggi? Mungkin inilah saatnya untuk bertanya kepada pelanggan internal , bagaimana mereka ingin diperlakukan berbeda? Orang-orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tempat kerja dan tempat kerja dikenal sebagai rumah kedua. Sekaranglah saatnya kita perlu berhenti sejenak dan mencari kejelasan.
Kursus pelatihan ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan layanan pelanggan internal dengan memberikan layanan ekstra yang sangat penting bagi pelanggan internal.
Tujuan Pelatihan:
- Mampu memahami konsep dasar pelayanan pelanggan dan menumbuhkan semangat pelayanan pada peserta pelatihan sehingga mampu membangun dan membina hubungan yang baik kepada pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
- Mampu memberikan layanan Excellent pada setiap pelanggan dan memahami faktor dalam diri yang membantu dalam melayani pelanggan dan Mampu menangani komplain-komplain dari pelanggan dengan baik
- Mampu untuk mengenal layanan diberbagai jenis organisasi dan Mampu untuk Mengenali fitur sebuah produk dan mengenalkan manfaat dari suatu produk
- Mampu berkomunikasi secara efektif kepada pelanggan internal (Sesama anggota organisasi) dan pelanggan eksternal (User)
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
Modul 1 : Pengantar Internal Customer Servicer
- Pengertian dan Ruang Lingkup
- Prinsip Pelayanan Profesional
Modul 2 : Teknik Komunikasi Tertulis dan Lisan
- Mendengarkan Aktif & Empati
- Bahasa dan Tone yang Sesuai
Modul 3 : Service Level Agreement (SLA) & Proses Menyusun SLA Internal
- Alur Permintaan & Incident Management
- Kapan dan bagaimana eskalasi, role owner, komunikasi saat eskalasi
Modul 4 : Penggunaan Tools & Teknologi
- Sistem Ticketing & CRM Internal
- Kolaborasi Digital (Chat, Video, Portal)
- Dashboard & Monitoring
Modul 5 : Penanganan Keluhan & De-eskalasi Internal
- Teknik De-eskalasi
- Mengubah Keluhan jadi Komunikasi
- Konflik Komunikasi pada Konflik Antardivisi
Modul 6 : Kualitas Layanan & KPI
- KPI Utama untuk Layanan Internal
- Pengukuran dan Pelaporan
- Continuous Improvement
Modul 7 : Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management)
- Membangun dan Memelihara KB
- Sharing Best Practices
- Onboarding & Transfer Knowledge
Modul 8 : Pengembangan Kompetensi & Coaching
- Pelatihan Soft Skills
- Coaching dan Feedback
- Rencana Pengembangan Karir
Course Content
Basic Introduction
-
Introduction
01:32:00 -
PowerPoint