CERTIFIED CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

Loss of Customer Loyalty

Negative Word of Mouth

Decreased Revenue

High Customer Churn Rates

Damage to Brand Reputation

Increased Customer Acquisition Costs

Lower Employee Morale

Negative Online Reviews and Ratings

Sales Down

High Debt Levels

Decrease in Product or Service Quality

Non-Transparent Management
Rp. 40.000.000 Juta
Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)
Rp. 60.000.000 Juta
Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)
Topic Training :
Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?
- Pekerja pemula di sektor layanan
- Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
- Seluruh anggota organisasi
- Customer Experience Professional For Staff
- Sales officer
- Marketing officer
Gambaran Umum Program
Saat membangun hubungan dengan pelanggan, sangat penting untuk mencatat informasi agar mudah diakses. Pelatihan sertifikasi manajemen hubungan pelanggan (CRM) ini membekali Anda untuk memahami dan menerapkan aspek-aspek CRM serta mengelola hubungan dengan baik.
Bisnis menuntut tindak lanjut yang kritis, dan pelanggan sangat menghargai upaya ekstra yang diberikan oleh individu untuk melayani mereka. Pelatihan ini memberikan wawasan yang lebih luas untuk memberdayakan peserta dalam mempelajari berbagai mekanisme CRM dan mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan pelanggan yang semakin cerdas, membangun serta mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan menjadi kunci kesuksesan jangka panjang. Customer Relationship Management (CRM) bukan sekadar sistem teknologi, tetapi sebuah pendekatan strategis yang menempatkan pelanggan sebagai pusat dari seluruh proses bisnis.
Pelatihan Certified Customer Relationship Management dirancang untuk membekali peserta dengan pemahaman mendalam mengenai konsep, strategi, dan implementasi CRM yang efektif. Program ini menitikberatkan pada bagaimana organisasi dapat mengelola interaksi dengan pelanggan secara sistematis guna meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan nilai pelanggan sepanjang siklus hidupnya.
Melalui kombinasi teori, studi kasus, dan praktik langsung, peserta akan memahami peran penting CRM dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul, memperkuat brand, serta meningkatkan daya saing organisasi.
Dengan berahirnya pelatihan ini diharapkan:
- Mengenali mengapa sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) penting
- Mengetahui praktik terbaik implementasi CRM
- Menjelaskan nilai yang dihasilkan dengan menggunakan alat manajemen hubungan pelanggan
- Mendukung tim dan individu untuk menyusun strategi dan menetapkan tonggak penting dalam penggunaan CRM
- Menentukan manfaat menggunakan sistem CRM
- Menerapkan sistem CRM
- Mendukung pelanggan dengan menggunakan CRM
- Menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan layanan pelanggan, penjualan, dan pemasaran
- Mendokumentasikan interaksi dengan pelanggan untuk ditindaklanjuti.
- Presentations
- Role plays
- Group Discussions
- Lectures & Seminar Method
- Assignments
- Activities
Mengikuti Certified Customer Relationship Management memberikan banyak manfaat bagi organisasi, di antaranya:
- Melatih karyawan dalam membangun sikap yang tepat dalam memasukkan data ke dalam CRM
- Mengetahui manfaat CRM dan mempelajari cara menggunakannya
- Menyusun strategi untuk menerapkan proses CRM di dalam organisasi
- Menyediakan semua informasi pelanggan dengan mudah di mana saja dan kapan saja
- Mempelajari praktik terbaik dalam administrasi Manajemen Hubungan Pelanggan
- Mempelajari cara menganalisis informasi dan mengetahui cara membuat laporan
- Menciptakan interaksi berbasis fakta dengan pelanggan
- Membuat informasi bisnis tidak lagi bergantung pada personal dan tersedia bagi organisasi
- Memiliki pendekatan yang berbasis proses.
Mengikuti Certified Customer Relationship Management memberikan banyak manfaat pribadi, di antaranya:
- Mengenal apa itu CRM dan bagaimana penggunaannya
- Mengenali mengapa Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) penting
- Mendukung pelanggan dengan menggunakan CRM
- Menentukan kegunaan sistem CRM
- Menerapkan pembelajaran ke layanan pelanggan, penjualan, dan pemasaran
- Menggunakan pendekatan berbasis fakta untuk berinteraksi dengan pelanggan
- Mengenali praktik terbaik implementasi CRM.
Modul 1 : Introduction to CRM
- Definisi dan Konsep CRM
- Sejarah dan Evolusi CRM
- Tujuan dan Manfaat CRM bagi Organisasi
- Jenis-jenis CRM: Operational, Analytical, dan Collaborative
Modul 2 : Customer-Centric Mindset
- Mengapa Pelanggan Adalah Aset Terpenting
- Membangun Budaya Organisasi yang Berorientasi pada Pelanggan
- Segmentasi dan Pemahaman Kebutuhan Pelanggan
- Customer Journey Mapping
Modul 3 : CRM Strategy & Planning
- Menyusun Strategi CRM yang Terintegrasi
- KPI & Metrics untuk CRM
- Integrasi CRM dengan Strategi Bisnis
- Peran Leadership dalam Implementasi CRM
Modul 4 : Teknologi dan Sistem CRM
- Komponen Utama Sistem CRM
- Pemilihan dan Implementasi Software CRM
- Data Management & Customer Insights
- Otomatisasi Layanan Pelanggan dan Penjualan
Modul 5 : Customer Data & Analytics
- Data Pelanggan: Jenis, Sumber, dan Pengelolaan
- Customer Profiling & Personalization
- Analitik CRM untuk Prediksi dan Retensi
- Compliance dan Keamanan Data
Modul 6 : CRM in Practice (Sales, Marketing, Service)
- Peran CRM dalam Penjualan
- CRM untuk Kampanye Pemasaran yang Terarah
- CRM dalam Manajemen Layanan Pelanggan
- Studi Kasus Implementasi CRM
Modul 7 : Measuring CRM Success & Continuous Improvement
- Menilai Keberhasilan Inisiatif CRM
- Customer Satisfaction vs Loyalty vs Advocacy
- Feedback Loop dan Continuous Improvement
- Mengatasi Tantangan dalam Penerapan CRM
Modul 8 : Final Project & Certification Assessment
- Penyusunan Rencana Implementasi CRM (CRM Plan)
- Presentasi dan Evaluasi Proyek
- Simulasi dan Role Play Penggunaan CRM
- Sertifikasi dan Penutupan