Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Protocol and Etiquette Training Course

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Tata krama bisnis adalah tentang membangun hubungan dengan orang lain dan bukan tentang aturan dan regulasi. Hal ini terkait dengan memberikan kenyamanan sosial dasar dan menciptakan lingkungan melalui komunikasi yang efektif dan lebih baik. Etiket adalah istilah kolektif untuk seperangkat norma dan konvensi yang mengatur perilaku sosial dan diperlukan dalam hubungan masyarakat.
Namun, istilah ini tidak terbatas pada masyarakat, tetapi juga mencakup hubungan dalam kelompok sosial atau profesional. Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada kode etik yang ditetapkan dalam beberapa profesi seperti medis atau hukum. Protokol, dalam arti yang lebih luas, dapat didefinisikan sebagai etiket diplomasi dan urusan negara. Di tingkat nasional atau internasional, protokol merupakan kode etik perilaku, bentuk seremonial, tata krama, prosedur, dan lain-lain yang diterima dan diperlukan untuk interaksi antara kepala negara, pemerintah, dan/atau diplomat.
Tujuan utama protokol adalah untuk menghindari konfrontasi dan ketidakharmonisan. Namun, protokol bisnis tidak terlalu formal, tetapi merupakan aspek penting dalam membangun hubungan di dalam sebuah organisasi atau antara dua organisasi atau lebih.
Secara kolektif, istilah ‘protokol’ dan ‘etiket’ merujuk pada seperangkat aturan, konvensi dan/atau norma yang mengatur perilaku orang dalam situasi umum dan khusus. Namun, keduanya berbeda dalam hal lingkup pengaruh dan sifat aturannya.
Etiket bisnis yang baik meningkatkan budaya organisasi dan berdampak besar terhadap keberhasilan dan pertumbuhan organisasi. Etika bisnis membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan menunjukkan rasa percaya diri. Etika bisnis juga mendorong kesadaran dan rasa hormat lintas budaya. Keberhasilan sebuah organisasi ditentukan oleh etiket bisnis yang diikuti oleh para karyawan.
Kurangnya kesadaran atau dukungan atau pelatihan dan fokus yang tidak memadai terkait etiket dan protokol dapat merugikan kemajuan dan citra organisasi. Perbedaan lintas budaya menjadi tantangan utama dalam mengembangkan dan menunjukkan etiket dan protokol bisnis yang baik. Untuk setiap organisasi yang ingin berpengaruh dan sukses, salah satu area fokus utama haruslah melatih karyawan tentang etiket dan protokol bisnis yang baik. Pelatihan ini akan memberdayakan pemahaman lengkap tentang etiket dan protokol bisnis. Dengan pengetahuan dan paparan yang diperoleh melalui pelatihan ini, maka akan membantu dalam membawa diri menjadi lebih baik sebagai seorang profesional dan mampu menciptakan pengalaman yang mengesankan dalam semua interaksi profesional di dunia kerja.
Selain itu, pelatihan ini juga akan memberi kepercayaan diri dan eksposur yang diperlukan untuk berinteraksi di platform yang luas dan berpengaruh dan mampu membawa diri dengan cara yang tenang, cerdas, dan profesional. Perspektif yang diperoleh melalui kursus ini akan mengasah keterampilan dan sifat perilaku yang akan meningkatkan nilai dan kepercayaan diri serta menciptakan lebih banyak peluang untuk interaksi dan koordinasi profesional.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan Protocol and Etiquette Training Course ditujukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut:

  • Kemampuan dalam memiliki pengetahuan dan informasi lengkap tentang etiket dan protokol bisnis
  • pengalaman dan kesadaran yang diperlukan untuk berperilaku secara profesional dalam pertemuan bisnis dan forum penting lainnya
  • Kemampuan dalam memiliki keterampilan, kepercayaan diri, dan pengalaman yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan jelas, efektif, dan cerdas, sehingga membantu menciptakan kesan positif terhadap lawan bicara
  • Kemampuan dalam memiliki pengetahuan, informasi, paparan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk melaksanakan pelatihan tentang etiket dan protokol bisnis bagi rekan kerja lainnya dalam organisasi, sehingga menunjukkan bakat dan meningkatkan peluang untuk tumbuh dan berkembang
  • Kemampuan dalam memiliki keterampilan, kemampuan, dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mewakili organisasi di forum dan pertemuan penting, sehingga membantu dalam membangun jaringan, meningkatkan nilai pasar dan mengundang lebih banyak peluang untuk pertumbuhan dan perkembangan karier
  • Kemampuan dalam memiliki keterampilan dan informasi yang diperlukan serta kepercayaan diri dan eksposur untuk meningkatkan citra profesional seseorang dan berhasil mewakili organisasi, yang pada gilirannya meningkatkan profil perusahaan
Metodologi Penelitian

Pelatihan yang diberikan oleh Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) mendorong partisipasi aktif di antara para peserta pelatihan. Fleksibilitas untuk menyesuaikan pelatihan sesuai dengan latar belakang dan pengalaman profesional peserta pelatihan membantu menciptakan konten dan penyampaian yang paling relevan dan efektif.

Pelatihan ini mencakup presentasi, diskusi, debat, permainan peran, kompetisi, dan lain-lain untuk memastikan partisipasi dan retensi yang maksimal. Studi kasus yang relevan dibahas untuk mendorong relevansi skenario praktis dengan konten pelatihan.

Manfaat Bagi Organisasi

Penyelesaian Pelatihan Protocol and Etiquette Training Course yang berhasil akan menguntungkan suatu organisasi dengan cara berikut ini:

  • Para karyawan yang terlatih dan profesional dengan pengetahuan lengkap tentang etiket dan protokol bisnis
  • Representasi yang lebih baik dan lebih profesional di forum dan pertemuan penting
  • Profil dan citra perusahaan yang lebih baik
  • Pelatihan berkelanjutan di seluruh organisasi, dan tanpa biaya, untuk mengembangkan kesadaran dan pengetahuan etiket dan protokol bisnis pada semua karyawan
  • Budaya kerja yang lebih positif karena ketaatan terhadap etiket dan protokol bisnis
  • Kepatuhan terhadap kebijakan dan kinerja karyawan yang lebih baik, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan organisasi
  • Pengalaman pelanggan yang lebih baik dan manajemen hubungan pelanggan yang lebih baik, yang mengarah pada pertumbuhan dan kesuksesan organisasi
  • Hubungan yang lebih baik dengan mitra, vendor, dan kontraktor, sehingga meminimalkan atau bahkan tidak ada hambatan dalam operasi dan pengirimanal
Manfaat Untuk Pribadi

Penyelesaian Pelatihan Protocol and Etiquette Training Course yang berhasil akan menguntungkan individu pada tingkat personal dengan cara-cara berikut ini:

  • Kemampuan dalam memiliki Pengetahuan dan pelatihan lengkap tentang etiket dan protokol bisnis
  • Kemampuan dalam memiliki Perilaku dan perilaku profesional yang lebih baik, sehingga meningkatkan nilai pasar dan permintaan seseorang sebagai seorang profesional
  • Peningkatan peluang untuk mewakili organisasi dan mendapatkan paparan dan pengalaman di forum dan pertemuan yang berpengaruh dan penting
  • Peningkatan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis
  • Profesionalisme yang tinggi yang mengarah pada peluang tambahan untuk menjalankan peran dan tanggung jawab senior dan penting dalam organisasi, sehingga mendorong pertumbuhan dan perkembangan karier
  • Kepercayaan diri dan pengalaman yang lebih besar untuk menjadi dan berperilaku setara dengan profesi yang terhormat dan terkenal dalam forum atau pertemuan apa pun
  • Peningkatan perilaku dan citra profesional, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan profil perusahaan
  • Peningkatan keterampilan dan kesadaran untuk membangun diri sendiri secara tegas, profesional dan percaya diri, meninggalkan kesan positif melalui jaringan dan meningkatkan peluang untuk tumbuh dan berkembang di luar organisasi
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Modul 1 : Basic Concepts of Customer Service

  • Modul 2 : Etiquette Tips to Improve Company Culture

  • Modul 3 : Seven ā€œC’sā€ of Effective Business Communication

  • Modul 4 : Factors Determining Communication Methods in Business Etiquette

  • Modul 5 : Some Business Communication Methods Requiring Business Etiquette and Protocol

  • Modul 6 : Important Aspects of Business Protocol

  • Modul 7 : Important Aspects of Administrative Protocol

  • Modul 8 : Challenges to Business Etiquette and Protocol Development