Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Marketing Research Professional

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

Perusahaan menginvestasikan banyak uang dalam riset pemasaran karena beberapa alasan. Hal ini membantu perusahaan menyusun strategi keputusan pemasaran, memutuskan strategi untuk menghadapi tantangan pasar, dan mengukur kinerja tim pemasaran. Hal ini juga membantu perusahaan menghasilkan model dan fitur yang lebih baru, tetap berada di depan dalam persaingan, dan menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk dan layanan. Investasi dalam riset pasar membantu para profesional pemasaran untuk mengukur dampak dari upaya pemasaran dan memahami perilaku pelanggan yang terus berubah.
Bagi sebuah perusahaan/organisasi yang baik, mengenal, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah modal awal yang sangat berharga dan harus dimiliki (Know your customer). Perusahaan yang berusaha menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan akan melakukannya secara komprehensif sehingga terciptanya hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan (Customer Relationship Management). Dalam penelitan terbaru yang dilakukan oleh Oyvind
Helgesen, 2015 mengenai hubungan kepuasan pelanggan terhadap profitabilitas perusahaan menunjukkan pelanggan yang puas dan loyal cenderung akan memiliki lifetime value yang lebih sehingga menciptakan keberlangsungan bisnis dan penghasilan perusahaan meningkat.
Informasi mengenai kepuasan dan loyalitas pelanggan ini merupakan masukan penting dalam menyusun strategi atau mendesain suatu proses ke depan untuk meningkatkan kualitas produk
dan pelayanan. Perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, sebaiknya secara berkala melakukan Marketing Reseacrh untuk mengetahui seberapa baik perusahaan/ organisasi sudah memberikan produk/pelayanan kepada pelanggan, serta menggali berbagai aspek yang diprioritaskan/diharapkan oleh pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan.
Hasil dari survey yang diperoleh ini dapat mampu mendeteksi secara dini kebutuhan dan harapan pelanggan di masa mendatang, sekaligus mengantisipasinya dengan merekomendasikan program perbaikan/improvement berdasarkan hasil survey. Survey tidak hanya menghasilkan angka kepuasan, karena tujuan akhirnya adalah mendapatkan sesuatu untuk pengembangan dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara luas. Ketidakpuasan pelanggan dari hasil survei harus ditindaklanjuti dan menjadi prioritas perbaikan secara berkelanjutan.

Tujuan Pelatihan

Tujuan dari Marketing Research Professional Training adalah untuk:

  • Mengumpulkan data yang relevan dan akurat tentang pasar, konsumen, dan kompetitor.
  • Menganalisis data yang telah dikumpulkan untuk mendapatkan wawasan dan pola yang berguna.
  • Mengenali peluang pasar dan tren yang dapat membantu organisasi meningkatkan kinerja.
  • Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan hasil penelitian.
  • Mengukur kinerja pemasaran dan mengevaluasi efektivitas strategi.
Metodologi Penelitian

Metode yang digunakan dalam Marketing Research Professional dapat meliputi:

  • Survei
  • Wawancara
  • Pengamatan
  • Eksperimen
  • Studi kasus
  • Penggunaan software
Manfaat Bagi Organisasi

Manfaat Marketing Research Professional bagi organisasi dapat meliputi:

  • Dengan memiliki informasi yang akurat dan relevan, organisasi dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  • Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, organisasi dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan meningkatkan penjualan.
  • Dengan memahami tren dan pola pasar, organisasi dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dan membedakan diri dari kompetitor.
Manfaat Untuk Pribadi

Manfaat Marketing Research Professional untuk pribadi dapat meliputi:

  • Dengan melakukan penelitian pemasaran, individu dapat meningkatkan keterampilan analisis dan kemampuan untuk memahami data.
  • Dengan melakukan penelitian pemasaran, individu dapat meningkatkan pengetahuan tentang pasar, konsumen, dan kompetitor.
  • Dengan memiliki informasi yang akurat dan relevan, individu dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat.
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?
  • Modul 1 : Foundation of Marketing Research

  • Modul 2 : Strategic Marketing

  • Modul 3 : Set up Marketing Research Team in an Organization

  • Modul 4 : Understanding Marketing Research Project Cycle

  • Modul 5 : Quantitative Research

  • Modul 6 : Desk Research & Marketing Intelligence

  • Modul 7 : Case Study + Project Presentation

  • Modul 8 : Data security and regulatory compliance