Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Sales and Customer Service Training Course

Incoming

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.
Rp. 30.000.000 Juta

Grup Kecil (Maksimal 4 Peserta)

Rp. 60.000.000 Juta

Grup Besar (Maksimal 10 Peserta)

Topic Training :

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Pekerja pemula di sektor layanan
  • Fresh graduate yang akan berkarir dibidang layanan
  • Seluruh anggota organisasi
  • Customer Experience Professional For Staff
  • Sales officer
  • Marketing officer

Gambaran Umum Program​

86% pelanggan berhenti membeli produk atau layanan dari suatu organisasi karena pengalaman buruk. Sehebat apa pun perusahaan Anda atau seberapa hebat produk yang Anda jual, tidak masalah. Yang penting adalah menjaga kepuasan pelanggan. Jika hubungan tidak terjalin dan layanannya buruk, Anda pasti akan kehilangan bisnis dan pelanggan yang tidak puas.
Seorang teman baru-baru ini berbagi kejadian ini dengan saya, dia berkata, “Saya baru-baru ini memiliki pengalaman dengan sebuah organisasi, di mana organisasi tersebut memiliki aplikasi yang luar biasa, di mana mereka mengirimkan barang ke depan pintu Anda, namun, tim logistik terus menunda pesanan dan akibatnya pelanggan menjadi lelah menindaklanjuti untuk pengembalian dana dan membatalkan pesanan, yang akhirnya membuat pelanggan tersebut memindahkan basis mereka untuk menggunakan aplikasi lain untuk menggunakan barang mereka.
Apa keuntungan menggabungkan Penjualan dan Layanan Pelanggan? Ingat, layanan pelanggan yang baik selalu menjadi sumber pendapatan. Pelanggan tidak hanya mengharapkan penjualan, tetapi juga mengharapkan layanan yang prima.
Kabar baiknya adalah, di masa kini mengubah keadaan tidaklah sulit. Pelanggan tahu persis apa yang mereka inginkan, dan gaya hidup serta cara diperlakukan yang baru inilah yang dapat dipelajari langsung dalam lokakarya ini.
Yang penting adalah mengubah layanan pelanggan Anda dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Ya, hal itu tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi itu adalah keterampilan yang dapat dipelajari. Kombinasi yang tepat antara penjualan dan layanan pelanggan dalam sikap ibarat kombinasi garam dan rempah dalam hidangan favorit Anda. Yang penting adalah memuaskan pelanggan dan melibatkan mereka dengan cara yang menarik.
Pelatihan ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan penjualan dan layanan pelanggan untuk memberikan layanan ekstra yang sangat penting bagi pelanggan.

Tujuan Pelatihan

Dalam Pelatihan Penjualan dan Layanan Pelanggan, kami berfokus pada pembentukan individu yang berkomitmen dengan sikap yang tepat dalam memberikan layanan, serta memberikan upaya ekstra untuk memberikan hasil dan melampaui ekspektasi dengan keterampilan penjualan yang tepat.
Tenaga penjualan dan layanan pelanggan yang baik memiliki kualitas-kualitas kunci tertentu yang penting untuk dipelajari guna membangun kepercayaan dan kredibilitas. Anggota tim penjualan layanan pelanggan dalam lokakarya ini mengembangkan keahlian untuk mengembangkan bisnis dengan mengembangkan prospek.
Mereka merekomendasikan produk dan layanan, serta memenuhi kebutuhan dengan cara yang memungkinkan mereka menangani dan mengelola masalah yang diantisipasi. Perwakilan di sini juga akan dilatih untuk melakukan upselling dan cross-selling yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan.

Setelah menyelesaikan Program Pelatihan Penjualan dan Layanan Pelanggan ini dengan sukses, peserta akan mampu:

  • Memahami pentingnya layanan pelanggan
  • Memberikan layanan pelanggan yang baik dan jadikan sumber pendapatan
  • Menangani keluhan dan temukan solusinya
  • Menciptakan pelanggan yang puas dan pertahankan mereka
  • Mempermudah cross-selling dan up-selling
  • Mengenali motif pembeli dan dapatkan lebih banyak penjualan
  • Melakukan presentasi penjualan yang menarik
  • Menciptakan pendekatan yang saling menguntungkan dengan pelanggan
  • Menumbuhkan rasa hormat dan minat yang tulus kepada pelanggan
  • Membuat presentasi berbasis solusi dan pahami kebutuhan pelanggan
Metodologi Penelitian

Program pelatihan penjualan dan layanan pelanggan kolaboratif ini akan terdiri dari metode pelatihan berikut:

  • Presentations
  • Roleplays
  • Group Discussions
  • Lectures & Seminar Method
  • Assignments
  • Activities
  • Polls
  • Surveys
  • Whiteboard interaction
  • Case Studies & Functional Exercises

Struktur program adalah sesi terperinci dan interaktif, setelah komunikasi dua arah, kami bekerja dengan peserta untuk memastikan bahwa mereka bisa mendapatkan pengalaman praktis tentang cara berinteraksi dengan pelanggan.

Manfaat Bagi Organisasi
  • Organisasi yang ingin membuat pelanggan mereka merasa istimewa dan penting sebaiknya mempertimbangkan untuk menominasikan karyawan mereka untuk program ini.
  • Perusahaan yang menominasikan karyawannya untuk berpartisipasi dalam Program Pelatihan Keterampilan Penjualan dan Layanan Pelanggan ini dapat memperoleh manfaat berikut:
  • Menciptakan layanan pelanggan yang baik dan pendekatan personal dengan sentuhan manusiawi
  • Perusahaan menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka diperhatikan melalui model ICARE
  • Mempertimbangkan peluang untuk mengembangkan bisnis mereka
  • Menciptakan tenaga penjualan dan layanan pelanggan yang kompeten
  • Meyakini pendekatan profesional terhadap pelanggan mereka
  • Membangun pengetahuan yang kuat tentang perusahaan dan produk
  • Meningkatkan penjualan organisasi
  • Proaktif dalam menangani konflik dan keluhan konsumen
  • Karyawan akan bertanggung jawab untuk terhubung dan bermitra dengan pelanggan dan menciptakan situasi yang saling menguntungkan
  • Perusahaan akan dikenal dan diakui atas upaya ekstra untuk mendukung pelanggan
Manfaat Untuk Pribadi
  • Seseorang yang merasa mampu melayani pelanggan, ingin melampaui keterampilan dasar layanan pelanggan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penjualan dan memperluas keterlibatan pelanggan. Ini adalah kesempatan untuk menguasai seni penjualan & layanan pelanggan.
  • Seseorang dapat memperoleh manfaat dari program ini dalam berbagai cara, hanya dengan kemauan dan partisipasinya.
  • Individu yang berpartisipasi dalam Program Pelatihan Keterampilan Penjualan dan Layanan Pelanggan ini dapat memperoleh manfaat berikut:
  • Mempelajari keterampilan dan nilai-nilai layanan pelanggan terbaik
  • Menumbuhkan dan mengembangkan sikap hormat dan layanan pelanggan
  • Menjadi penghasil pendapatan bagi organisasi dengan mempelajari keterampilan penjualan yang tepat menggunakan layanan pelanggan
  • Mengelola kebutuhan pelanggan secara proaktif
  • Membuat pelanggan merasa penting dan melakukannya dengan benar sejak awal
  • Belajar melakukan cross-selling dan upselling kepada pelanggan Anda
  • Mengurangi keluhan pelanggan dan berfokus pada kepuasan pelanggan
Apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?

Modul 1 : Pengantar Sales & Customer Service

  • Definisi dan ruang lingkup Sales dan Customer Service
  • Peran strategis dalam pertumbuhan bisnis
  • Perbedaan & keterkaitan antara Sales dan Customer Service
  • Mindset pelayanan dan penjualan yang berorientasi pelanggan


Modul 2 : Dasar-dasar Layanan Pelanggan

  • Prinsip dasar pelayanan prima (Service Excellence)
  • Sikap dan etika profesional dalam melayani Komunikasi efektif dan sopan santun bisnis
  • Active listening & empati kepada pelanggan


Modul 3 : Dasar-dasar Penjualan (Sales Fundamentals)

  • Memahami proses penjualan (Sales Cycle)
  • Mencari dan membangun prospek (Prospecting)
  • Teknik pendekatan awal dan membangun rapport
  • Menggali kebutuhan pelanggan (Needs Analysis)


Modul 4 : Keterampilan Komunikasi Lintas Fungsi

  • Bahasa tubuh & nada suara yang meyakinkan
  • Komunikasi persuasif dalam penjualan
  • Menangani keberatan pelanggan (Handling Objections)
  • Negosiasi win-win dan closing sales


Modul 5 : Layanan Purna Jual & Retensi Pelanggan

  • Pentingnya follow-up setelah penjualan
  • Menangani keluhan pelanggan secara efektif
  • Strategi membangun loyalitas pelanggan
  • Program retensi dan cross-selling / upselling