Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Waktu operasional: Senin s/d Jum'at pukul 09:00 s/d 17:00

Power Of High Touch yang Perlu Dilakukan Customer Service Professional Pada Pelanggan

Dunia bisnis telah mengalami suatu perubahan besar saat ini. Terutama dalam hal bagaimana pelanggan melihat suatu produk dan memutuskan untuk melakukan suatu pembelian. Dengan persaingan bisnis yang semakin intens saat ini, maka hanya ada 3 cara bagi perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya, yaitu pelayanan, pelayanan, pelayanan.

Mengapa pelayanan yang baik itu sangat jarang kita peroleh sebagai pelanggan?

Pada dasarnya ini disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

  1. Para karyawan yang tidak memahami konsep dasar pelayanan pelanggan itu sendiri
  2. Saat-saat genting yang bisa menciptakan atau malah dapat merusak bisnis tidak dikenali dan ditangani dengan baik
  3. System imbalan pelayanan yang prima merupakan barang langka karena banyak para pemimpin lalai untuk menghargai bawahannya yang telah memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan.

Sementara itu, menjual produk dengan kualitas yang tinggi dengan harga yang kompetitif tidak lagi jaminan keberhasilan suatu perusahaan. Alasannya karena itu hanya merupakan suatu tiket saja untuk masuk ke dalam persaingan. Namun memberikan PELAYANAN PRIMA itulah yang memberikan “WINNER’S EDGE” kepada suatu perusahaan.

Untuk mempertahankan pelanggan, biasanya perusahaan akan melakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Melakukan perombakan total seputar penangan pelanggan.
  2. Mempelajari pelanggan yang paling memberikan keuntungan lebih banyak kepada perusahaan
  3. Memberikan perhatian khusus dalam mempekerjakan, melatih, memotivasi, dan menjaga karyawan yang memberikan perhatian khusus kepada pelanggan. Ingat bahwa loyalitas pelanggan selalu berawal dari loyalitas karyawan.  
  4. Memanfaatkan semaksimal mungkin sarana yang tersedia dalam abad digital.

Nah… teman-teman sebenarnya tidak sulit untuk mempertahankan pelanggan, yang terpenting adalah penekanan kepada Human touch bukan high tech, tapi cukup High Touch Saja.

Buatlah perasaan senang kepada pelanggan sebelum menjual product kita. Karena untuk memenangkan persaingan saat ini perlu menerapkan prinsip People buy People. Ketika kita telah membuat pelanggan merasa senang dengan kita, maka kita akan mengetahui apa saja yang diinginkan pelanggan, bagaimana menyelesaikan permasalahan pelanggan, maka itu pelanggan akan senang dengan kita dan outputnya adalaha membeli produk kita. Inilah yang dimaksud dengan Power high touch itu.

Semoga bermanfaat.

Salam

JICSI #CustomerServiceExpert

Open chat