Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kesehatan perusahaan. Terdapat korelasi yang sangat kuat antara tingkat kepuasaan pelanggan dan tingkat loyalitas pelanggan. Pada akhirnya akan memengaruhi profitabilitas perusahaan. Perusahaan perlu meningkatkan pelayanannya secara konsisten demi kepuasan pelanggan. Namun upaya peningkatan pelayanan bisa gagal jika perusahaan yang bersangkutan tidak melakukan pelayanan sesuai standar yang berlaku.
Customer service menjadi titik sentral yang harus dipantau dan diukur secara sistematis dan periodik. Perusahaan harus melakukan survey kepuasan pelanggan minimal 1 tahun sekali untuk mengevaluasi kualitas pelayanan agar dapat bekerja sesuai dengan keinginan pelanggan. Berdasarkan ukuran ini, kita dapat membuat berbagai strategi dan action plan untuk memberi kepuasan bagi pelanggan membangun loyalitasnya.
Survei kepuasan pelanggan adalah alat berharga yang dapat membantu bisnis untuk menemukan tingkat kepuasan pelanggan. Melalui survey kepuasan pelanggan, akan kita dapatkan beberapa hal di bawah ini :