Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

5 Hal yang Membuat Pelayanan Pelanggan Berubah & Solusinya

Perubahan pola hidup manusia mempengaruhi kehidupan mereka pula sebagai pelanggan. Banyak hal yang berubah dalam menjalankan suatu bisnis. Pelanggan menjadi prioritas utama bagaiamana sebuah bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Berikut ini adalah 5 hal yang membuat pelayanan pelanggan saat ini berubah.

1. Customer saat ini yang memegang kendali bisnis

Kamu tahu video unboxing yang tenar di Youtube? atau blogger membahas mengenai review sebuah produk? Hmm, atau juga kekuatan Word of Mouth? Saat ini kita bisa melihat pelanggan secara bebas mengulas produk yang kita jual. Kebaikan produk kita akan mengundang pembeli lain datang, dan sebaliknya. Ketika yang ditemukan oleh pelanggan adalah sisi kekurangan dari produk yang kita jual, di situlah berbahaya bagi bisnis. Hal tersebut memberikan dampak besar pada usaha kita lho. Di sini peran pelayanan pelanggan yang memiliki hubungan baik dengan pelanggan bisa sangat membantu.

2. Respon cepat dan personal sebagai tolak ukur pelayanan
Customer service sosial media berlomba-lomba untuk menjadi yang paling update, paling tahu, dan terdepan dalam urusan kecepatan merespon sesuatu di sosial media. Kesuksesan sebuah usaha saat ini ditampilkan dengan cara mereka hadir di semua saluran sosial media dan tahu cara menangani keluhan dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara personal. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan pelanggan harus memahami kebutuhan pelanggan secara personal dan memenuhi kebutuhan mereka.

3. Customer ingin terbantu & membantu diri mereka sendiri

Kamu kenal dengan restoran yang menyediakan layanan self service, atau laundry pakaian terkenal yang semakin menjamur karena layanan self service? Begitulah customer kita saat ini. Customer bisa menjadi lebih mandiri karena bisnis saat ini bisa dilakukan dengan jarak jauh dengan bantuan internet saja. Contohnya, untuk memesan taxi online, memesan ojek, ataupun makanan, dalam sekejap pelanggan bisa melakukannya sendiri dan hanya menunggu apa yang mereka pesan, akan sampai di rumah mereka. Tapi jangan lupa, layanan tersebut harus siap sedia dalam 24 jam.

4. Chatting tidak hanya antara teman saja tapi perusahaan dengan pelanggan
Pasti kamu berpengalaman untuk meminta pelayanan atau komplain lewat social media kan? Rasanya customer service seperti teman dekat mu yang siap sedia membantumu dalam menyelesaikan semua keperluanmu.

5. Konsistensi adalah kunci
Tidak peduli ada di industri apa pun bisnis dan pekerjaan kalian saat ini.
Perlu kita ingat kalau semua interaksi saat ini berpotensi menjadi catatan sejarah tentang bagaimana perusahaan memperlakukan pelanggannya.
Pelayanan pelanggan yang terbaik adalah kunci kesuksesan bisnis sepanjang masa.

Apakah Kamu Siap Berkarir jadi Customer Service Professional ?

Atau Customer Service yang bekerja dengan anda butuh meningkatkan kemampuannya dalam melayani pelanggan?

Ikuti Pelatihan Siap Kerja Menjadi Customer Service Professional

Materi :

PELATIHAN SIAP KERJA

  • Membentuk self branding
  • Menulis CV yang menarik
  • Praktek Tanya jawab wawancara kerja
  • Channel lowongan kerja kekinian
  • Latihan 10 psikotes kerja & pembahasan langsung psikotes kerja bersama ahlinya
  • Review ulang CV sampai 3x

CERTIFIED CUSTOMER SERVICE PROFESSIONAL (CCSP)

  • Basic Concept of CS
  • Developing Relationship with Customer
  • Customer Service in Different Organization
  • Match Featured & Benefit
  • Communicate Effectively
  • Deliver Service Excellent Through Teamwork
  • System for Developing Service Excellent
  • The Your Factor

Segera Daftarkan diri Anda pada link di bawah ini :

Daftar : bit.ly/jicsiregistration
Kontak : 0811-9876-888

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat