Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Selling Skill

Dunia bisnis yang saat ini memerlukan seorang yang memiliki selling skill yang baik karena penjualan yang efektif sangat penting bagi keberhasilan bisnis.

Psikotes berikut ini menguji kemampuan anda dalam hal menguasai dasar-dasar teknik penjualan pada orang-orang yang bekerja dengan anda.

Selamat mengerjakan.

Please enter your email:

1. Saya membuat rencana penjualan sebelum menemui calon konsumen.

 
 
 
 

2. Saya kembangkan strategi penjualan dan menyesuaikan tindakan dengan rencana.

 
 
 
 

3. Saya mempelajarai teknik dan keterampilan menjual yang baru.

 
 
 
 

4. Saya gunakan teknologi informasi untuk membantu menata kerja dan menjual.

 
 
 
 

5. Saya catat penggunaan waktu saya agar dapat memperbaikinya.

 
 
 
 

6. Saya pahami kebutuhan konsumen agar dapat menyesuaikan pendekatan.

 
 
 
 

7. Saya siapkan diri sebelum pertemuan atau interview untuk penjualan.

 
 
 
 

8. Saya tahu persis siapa yang harus ditemui saat mendekati perusahaan.

 
 
 
 

9. Saya pelajari bidang usaha dan konsumen saya.

 
 
 
 

10. Saya jadikan kunjungan konsumen bersahabat, singkat dan terarah.

 
 
 
 

11. Saya tahu dan gunakan teknik menjual lewat telepon yang terbaik.

 
 
 
 

12. Saya kembangkan kemampuan menulis surat untuk membantu penjualan.

 
 
 
 

13. Saya tempatkan diri sebagai konsumen saat mempersiapkan negosiasi.

 
 
 
 

14. Saya akhiri presentasi dengan ucapan yang mendorong aksi nyata.

 
 
 
 

15. Saya meminta pendapat tentang presentasi saya agar dapat meningkatkannya.

 
 
 
 

16. Saya sesuaikan pendekatan dengan cara konsumen menanggapi saya.

 
 
 
 

17. Saya katakan kenyataan, meski bukan yang ingin didengar oleh konsumen dari saya.

 
 
 
 

18. Saya cari unsur kunci yang bisa mendorong konsumen untuk membeli.

 
 
 
 

19. Saya usahakan pihak lain menyebutkan penawaran harga dahulu.

 
 
 
 

20. Saya tekankan nilai yang didapat, bukan sekedar harga dalam negosiasi.

 
 
 
 

21. Saat saya melakukan penjualan, kedua pihak puas.

 
 
 
 

22. Saya coba antisipasi keberatan yang mungkin dikemukakan konsumen.

 
 
 
 

23. Saya segera tanggapi pernyataan atau keluhan dari setiap konsumen.

 
 
 
 

24. Saya meminta umpan balik untuk memastikan kalau konsumen sangat puas.

 
 
 
 

25. Saya bebaskan para penjualan dari batasan birokratis.

 
 
 
 

26. Saya pakai cara mengajar untuk meningkatkan diri sendiri dan orang lain.

 
 
 
 

27. Saya ambil tindakan untuk mentransfer teknik penjualan top kepada yang lain.

 
 
 
 

28. Saya biarkan penjual junior memimpin saat mengunjungi konsumen.

 
 
 
 

29. Target penjualan saya ubah secara berkala agar kinerja dan pandangan meningkat.

 
 
 
 

30. Saya turun tangan dalam masalah penjualan hanya bila memang perlu.

 
 
 
 

31. Saya berbicara dan memperlakukan staf sebagai rekan.

 
 
 
 

32. Saya upayakan betul agar pekerja yang baik mendapat penghargaan.

 
 
 
 

You cannot copy content of this page