Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat, terutama dalam perkembangan berkomunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Saat ini pelanggan semakin mudah untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan melalui saluran komunikasi social media.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa rata-rata 46 persen  orang dewasa menggunakan smart phone mereka untuk menghubungi perusahaan sehubungan dengan masalah yang berhubungan dengan produk. Diperkirakan bahwa  angka ini akan semakin meningkat dari hari ke hari. Oleh karena itu kemampuan customer service professional menggunakan social media semakin dibutuhkan. Adapun social media menjadi salah satu media dimana kita bisa manfaatkan untuk customer service yang siap membantu banyak customer secara cepat.

IDcloudHost sendiri memanfaatkan beberapa social media seperti Instagram, Facebook, Line@, Google plus, Linkedin dengan berbagai konten yang disajikan untuk bisa mendekatkan perusahaan kepada pelanggan. Berbagai social media mempunyai objektif tertentu pastinya, salah satunya adalah sebagai perantara bagi perusahaan untuk berkomunikasi dan berhubungan baik dengan pelanggan.

Komunikasi yang umum dilakukan oleh pelanggan terutama pada pelanggan golongan muda adalah  Facebook, Instagram, dan Twitter. Berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Jumlah tersebut naik 20% dari survei sebelumnya. Sementara pengguna media sosial mobile (gadget) mencapai 130 juta atau sekitar 48% dari populasi.  Besarnya populasi Indonesia saat ini, dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet  dan telepon merupakan potensi bagi ekonomi digital nasional. Alhasil, muncul e-commerce, transportasi online, toko online dan bisnis lainnya berbasis internet di tanah air. Ini akan menjadi kekuatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.

Seperti yang tertera diatas, dengan banyaknya orang menggunakan internet akan bermunculan usaha-usaha kecil yang menggunakan sistem business online. Perlu kita ketahui bahwa business online pun sekarang ini mengalami peningkatan yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data Liputan6.com, Perkembangan usaha perdagangan berbasis online (e-commerce) di Indonesia sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya hingga saat ini total jumlah e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta dan mengalami peningkatan yang cukup significant sebesar 17 persen. Dengan kata lain bahwa akan terjadi peningkatan transaksi bisnis dari tahun ke tahun melalui business online. Untuk menjawab tantangan ini Jakarta International Customer Service Institute (JICSI) telah menyiapkan sumber daya manusia terutama yang berhubungan dengan customer service melalui social media. Para peserta pelatihan diajarkan bagaimana melakukan pelayanan yang benar kepada pelanggan melalui social media, bagaimana menjawab complain yang benar melalui social media dan banyak lagi.

 

Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan seperti, call center ataupun yang melalui email, akan pelan-pelan ditinggalkan oleh pelanggan. Mereka beralih menggunakan sarana komunikasi sosial media untuk berkomunikasi kepada perusahaan terutama yang berhubungan masalah masalah yang berhubungan dengan produk. Adapun alas an mengapa pelanggan menggunakan social media sebagai sarana komunikasi adalah:

  1. Pelanggan butuh keterbukaan terhadap produk dan layanan. Alasan ini akan memaksa customer service professional untuk lebih terbuka dalam menangani keluhan pelanggan dan memberikan informasi kepada pelanggan. Berbeda dengan jaman sebelumnya. Keluhan pelanggan pun akan dikomunikasi lewat social media. Oleh karena itu customer service professional pun dituntut untuk paham menggunakan komunikasi yang baik melalui social media
  2. Pelanggan ingin penanganan yang cepat. Berdasarkan hasil penelitian 68 persen pelanggan ingin penyelesaikan permasalahan mereka kurang dari 24 jam atau dalam satu hari. Artinya pelanggan tidak berharap untuk respon yang berlama lama lagi semua serba kecepatan. Untuk memenuhi harapan pelanggan ini customer service yang professional di tuntut mampu untuk melakukan kerja sama dan kordinasi yang cepat kepada masing masing department yang terkait, keharmonisan dalam bekerja merupakan hal yang mutlak untuk memenuhi harapan pelanggan saat ini. Keahlian seorang pimpinan memilih orang yang tepat pada posisi yang tepat juga menjadi suatu keharusan. JICSI telah melakukan pelatihan ini di Pelatihan siap kerja, yang mana para peserta kami akan menemukan kecocokan karir yang sesuai dengan kepribadian mereka, sehingga para peserta pelatihan JICSI mampu memilih pekerjaan sesuai dengan passion mereka masing masing.
  3. Membangun kepercayaan Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Sebagai gardu terdepan tentunya Customer Service menjadi hal yang paling diutamakan apalagi bagi anda yang berjualan online dimana pun. Hal ini bisa memberikan kepercayaan lebih kepada pelanggan anda dengan memberikan layanan Customer Service yang baik dan cepat.
  4. Lebih dekat dengan pelanggan hal yang paling diutamakan dalam bisnis adalah bisa memberikan layanan yang terbaik dengan tingkat kepuasan yang tinggi kepada pelanggan. dengan adanya Customer Service melalui social media tentunya menjadi senjata bagi kita untuk bisa lebih dekat dengan pelanggan kita untuk bisa menjadi loyal customer.
  5. Menyampaikan Tujuan secara langsung ke Pelanggan

Hal yang bisa dilakukan selain memberikan bantuan adalah memberikan berbagai solusi hingga promo kepada pelanggan. Hal ini tentunya bisa meningkatkan dan mencapai bisnis Anda dengan mudah dan cepat.

Untuk menjawab permintaan pelanggan tersebut dibutuhkan kemampuan seorang  customer service yang professional untuk melakukan perubahan. Ada anggapan bahwa keberadaan teknologi akan menghapus beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan dunia layanan. Sekali lagi perlu kami sampaikan bahwa tidak ada pekerjaan yang dihilangkan melalui teknologi tersebut. Sebenarnya pekerjaan itu tetap ada, hanya saja cara melakukan pekerjaan itu lah yang mengalami perubahan. Oleh karena itu JICSI sadar betul akan keadaan ini di dunia pelayanan sehingga JICSI melakukan pelatihan Cusomer Service on Sosial Media, agar customer service yang professional akan tetap selalu mengupdate diri mereka sesuai dengan profesi yang digeluti mereka selama ini yaitu customer service profesional. Apakah kalian ingin bergabung mengikuti pelatihan ini? Keputusan ada di tangan kalian semua.

You cannot copy content of this page