Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

How to Delegate Skill

Pendelegasian adalah elemen penting tugas pemimpin.
Jika digunakan secara efektif akan bermanfaat bagi semua yang terlibat. Cara mendelegasikan pekerjaan membantu Anda mencapai hasil terbaik dari setiap pendelegasian.

Psikotes berikut ini menguji kemampuan anda dalam pendelegasian sebuah tugas, mulai dari menentukan dan memprioritaskan tugas yang akan didelegasikan dan memilih orang yang tepat, sampai mengenali dan menangani hambatan serta mengantisipasi risiko. Saran yang bermanfaat mengenai cara memotivasi dan mengembangkan staf, membangun kesetiaan, dan memberi serta menerima umpan balik akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan membantu Anda menjadi pendelegasi ahli dan tepercaya.

Selamat mengerjakan.

Please enter your email:

1. Saya yakin orang akan bekerja efektif, sebab untuk itu mereka saya pilih.

 
 
 
 

2. Saya yakin sempat merencanakan, melatih dan mengarahkan.

 
 
 
 

3. Saya setia pada staf dan saya berharap mereka pun setia pada saya.

 
 
 
 

4. Saya memonitor progres delegat, tapi tanpa mencampuri terus menerus.

 
 
 
 

5. Saya memberi staf informasi lengkap dan jujur bila mungkin.

 
 
 
 

6. Saya mencoba melakukan tugas manajerial dan mendelegasikan tugas lainnya.

 
 
 
 

7. Saya memprioritaskan dan mengerjakan manajemen SDM.

 
 
 
 

8. Saya sangat menjaga menyusun struktur dan meninjau pendelegasian.

 
 
 
 

9. Saya bermitra dengan bawahan ketika menetapkan tindakan yang terbaik.

 
 
 
 

10. Saya berupaya agar delegat memahami pertanggungjawaban mereka.

 
 
 
 

11. Saya berupaya tak ada tumpang tindih tanggung jawab di antara delegat.

 
 
 
 

12. Saya dapat memilih dan mengganti delegat dengan cepat jika perlu.

 
 
 
 

13. Saya selalu mengevaluasi staf dengan melihat aspek positif dan negatifnya.

 
 
 
 

14. Saya memilih orang yang paling tepat, tak peduli usia, pengalaman dan senioritasnya.

 
 
 
 

15. Saya melibatkan delegat dalam menyiapkan instruksi lengkap dan rinci.

 
 
 
 

16. Saya berupaya agar cukup bantuan tersedia bagi delegat jika dibutuhkan.

 
 
 
 

17. Saya mendorong agar delegat berinisiatif saat dihadapkan pada masalah.

 
 
 
 

18. Saya tidak mencerca orang yang gagal ketika mencoba hal baru.

 
 
 
 

19. Saya mengukur kinerja delegat, terfokus pada indikator-indikator penting.

 
 
 
 

20. Saya selalu berupaya memberi umpan balik positif bagi delegat saya.

 
 
 
 

21. Saya berupaya agar semua proses dievaluasi dan disesuaikan jika perlu.

 
 
 
 

22. Saya selalu memakai agenda saat bersama delegat atau tim menilai progres.

 
 
 
 

23. Saya membuat daftar tugas yang telah saya delegasikan dan delegatnya.

 
 
 
 

24. Saya menyempatkan diri bertemu staf dan berurusan dengan masalah mereka.

 
 
 
 

25. Saya pertimbangkan semua semua alternatif sebelum menarik kembali tugas.

 
 
 
 

26. Saya mampu mengetahui prestasi-prestasi yang luar biasa.

 
 
 
 

27. Saya berterima kasih pada delgat atas tugas yang dikerjakan dengan baik.

 
 
 
 

28. Jika berbuat salah, saya bertanggung jawab tanpa mencari-cari alasan.

 
 
 
 

29. Saya memanfaatkan keraguan, tapi bertindak cepat jika delegat harus ditangani.

 
 
 
 

30. Saya berupaya mendapat dan membagi pelajaran kesuksesan dan kegagalan.

 
 
 
 

31. Saya meminta umpan balik karyawan dan meresponnya secara positif.

 
 
 
 

32. Saya belajar dari kegagalan untuk pendelegasian berikutnya.

 
 
 
 

You cannot copy content of this page