Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Waktu operasional: Senin s/d Jum'at pukul 09:00 s/d 17:00

Tren Perubahan Perilaku Pelanggan di Tahun 2022 Yang Wajib Diketahui Customer Service Professional

Dear  Sahabat JICSI

Selamat Tahun baru 2022

Tahun 2022 merupakan awal tahun yang perlu kita persiapkan terutama dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Tentunya sebelum kita memberikan layanan yang baik kepada pelanggan terlebih dahulu kita harus mengetahui perubahan perilaku pelanggan di tahun 2022 ini. Adapun tujuan memberikan layanan yang baik kepada pelanggan tentunya untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak tidak hanya banyak dalam kuantitas tetapi juga secara kualitas pelanggan atau yang sering saya sebutkan sebagai Pelanggan yang Loyal.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa Pandemi Covid-19 tak hanya menyebabkan perubahan bagi sebuah brand, tapi juga perubahan pada perilaku pelanggan. Pengaruh terbesarnya yang dapat kita lihat adalah cara mereka memilih produk dan jasa dari sebuah brand.

Apa saja yang diinginkan oleh pelanggan di tahun 2022 ini?

Berikut perubahan perilaku pelanggan yang perlu kita ketahui :

1. Pelanggan menginginkan suatu produk yang mampu memberikan pengalaman yang menarik ketika mendapatkan dan menggunakan produk itu. Hal ini dapat disebabkan karena hampir dua tahun terakhir ini, pelanggan telah lelah menghadapi pandemi covid-19 yang terjadi.

Kelelahan mereka selama ini ingin mereka bayarkan melalui pembelian produk yang dapat membahagiakan mereka, dimulai saat mereka melakukan transaksi dengan kita hingga pembelian dan penggunaan produk tersebut.

2. Transaksi digital merupakan pilihan utama bagi pelanggan dalam melakukan transaksi saat ini. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa transaksi digital merupakan pilihan pelanggan selama masa covid-19 dan ini di perkirakan akan berlanjut ke tahun 2023, tentunya kita sebagai Customer Service Professional perlu memahami dan meningkatkan peluang transaksi digital kita kepada pelanggan.

Maka dari itu, pelanggan kita tidak mengalami kesulitan ketika pelanggan ingin mengakses produk kita. Pada akhirnya, pelanggan memiliki pengalaman yang menarik yang dapat membahagiakan mereka.

 

3. Pelanggan hanya membeli produk ketika mereka benar-benar membutuhkan produk.  Covid-19 benar-benar telah merusak perekonomian sebagian besar masyarakat saat ini, sehingga hampir semua pelanggan mulai dengan bijak untuk melakukan pembelian suatu produk. Perubahan perilaku pelanggan ini harus diantisipasi para Customer Service Professional sebagai frontline perusahaan untuk benar-benar mampu menguasai product knowledge dan menginformasikannya kepada pelanggan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Akan terjadi peningkatan akan kebutuhan wisata. Lagi-lagi dampak covid 19 telah membuat banyak kalangan merasakan kelelahan berada di dalam rumah. Mereka ingin mendapatkan sesuatu yang baru, maka di prediksi kebutuhan akan wisatawan akan semakin meningkat di tahun 2022, penignapan, hotel, cottage akan semakin ramai pengunjung.

Oleh karena itu mereka membutuhkan pelayanan yang maksimal. Mereka akan memilih tempat-tempat yang sudah mendapatkan rekomendasi dari pelanggan lamanya. Mereka tidak mempercayai iklan-iklan tetapi mereka akan lebih mempercayai testimoni yang sudah pernah merasakan langsung layanan yang didapatkannya.

5. Gaya hidup yang lebih fleksibel. Bekerja dari rumah diprediksi akan tetap berlangsung. Dalam dunia bisnis kebutuhan akan pakaian santai akan semakin dibutuhkan, dan kebutuhan akan alat rumah tangga yang membuat pelanggan merasa nyaman di rumah akan menjadi peminatan pelanggan. Artinya dalam dunia layanan pun dengan gaya santai akan menjadi opsi bagi dunia Customer Service. Ambil contoh, misalnya dunia contact center yang selama ini menggunakan standard script akan berubah untuk lebih santai dan tidak kaku lagi ketika melakukan interaksi dengan pelanggan.

6. Pelanggan gampang terpengaruh dengan iklan di sosial media. Social media ada di tangan pelanggan itu sendiri, ketika mereka ada waktu senggang yang dilakukan adalah mengakses sosial media. Ini lah cara yang dilakukan untuk mengurangi kejenuhan yang dialami selama pandemi covid-19. Oleh karena itu dunia Customer Service harus mampu memanfaatkan kesempatan itu, dengan cara mampu memberikan layanan terbaik melalui sosial media sebagai salah satu sarana layanan kepada pelanggan. Menjelaskan produk bersama fitur dari suatu produk bahkan hingga melakukan close selling sekalipun sudah harus mampu memanfaatkan kehadiran dari sosial media tersebut.

Inilah beberapa perubahan perilaku pelanggan yang terjadi di tahun 2022 ini.

Walaupun demikan JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) telah melakukan antisipasi perubahan perilaku pelanggan di tahun 2022 ini dengan selalu memperbaharui Training Customer Service Professional yang benar-benar siap untuk menghadapi perubahan.

Informasi selengkapnya teman-teman bisa akses informasi seputar JICSI di website kami www.jicsi.co.id atau menghubungi kami di 0858-833-833-83.

Open chat