Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Kesuksesan Customer Service Ditentukan Oleh 3A

Kesuksesan Customer Service Ditentukan Oleh 3A

1. Attitude

Attitude dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai sikap. Sikap dalam pelayanan, akan sangat menentukan kesuksesan dari bisnis yang dijalankan. Itulah mengapa sebaiknya para karyawan memiliki sikap yang baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Sikap yang baik dapat terlihat dari bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan tutur kata yang santun dalam menerima dan melayani konsumen.

2. Attention

Attention berarti perhatian. Customer service professional harus cermat dalam memperhatikan keinginan dari setiap konsumen. Konsumen akan merasa puas, apabila mereka diberikan pelayanan maksimal, misalnya dengan menawarkan bantuan untuk dapat memenuhi keinginannya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan perhatian (attention) yang maksimal misalnya; mengucapkan salam dan menawarkan bantuan, memberikan pelayanan berdasarkan keinginan konsumen, mendengarkan dan mencermati setiap keinginan konsumen, memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan cepat, tepat, dan ramah, dan mengutamakan kepentingan konsumen.

3.  Action

Dalam hal apapun, action adalah kunci yang menentukan berhasil tidaknya mencapai tujuan. Katakanlah misal konsumen telah membuat sebuah pilihan untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Pada bagian ini akan terjadi sebuah transaksi jual-beli. Action yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut; mencatat pemesanan konsume, memastikan kembali pemesanan konsumen bahwa pilihan tersebut sudah benar-benar tepat, melakukan transaksi pembayaran sesuai pilihan konsumen.