Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

5 Kemampuan Utama yang Dinilai saat Interview Kerja

5 Kemampuan Utama yang Dinilai Saat Interview Kerja

Ternyata ada lima kemampuan utama yang ditanyakan oleh HRD pada saat di interview lho…

 

  1. Individual competency

Karakteristik diri setiap individu yang mendasari kinerja atau perilaku ditempat kerja. Individual competency terdiri dari 4 hal, yaitu :

a. Decisiveness, yaitu ketegasan dalam membuat suatu keputusan yang terkait dengan pekerjaan.

b. Independency, yaitu kebebasan/keleluasaan dalam bekerja

c. Flexibility, yaitu sikap tidak kaku dalam melakukan pekerjaan tetapi tujuan tetap tercapai.

d. Career goals, yaitu memiliki orientasi dalam pengembangan karier.

 

2. Managerial / Leadership Skills Competency

Managerial / Leadership Skills Competency ialah kemampuan untuk mengatur, mengoordinasikan dan menggerakkan orang lain / bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Managerial Competency terbagi menjadi empat, yaitu :

a. Leadership, yaitu kemampuan dalam memimpin suatu organisasi

b. Employee motivation, yaitu kemampuan dalam memotivasi diri dan orang lain

c. Ability to delegate, yaitu kemampuan dalam memberikan wewenang kepada orang yang tepat

d. Strategic Planning, yaitu kemampuan dalam melaksanakan rencana strategis yang matang.

3. Personal Competency

Kompetensi personal adalah kemampuan dalam membentuk dan mengembangkan kepribadiannya sebagai makhluk personal atau individu dalam konteks kehidupan keseharian personal, sosial dan kultural. Terbagi menjadi dua, yaitu :

a. Ambition, yaitu kemampuan untuk mencapai ambisi atau suatu tujuan dengan benar.

b. Initiative, yaitu kemampuan dalam melakukan inisiasi, tanpa menunggu perintah.

4. Analytical Skills Competency

Analytical Skills Competency ialah kemampuan untuk menguraikan suatu permasalahan menjadi bagian-bagian kecil atau melacak sebab akibat permasalahan. Nah analytical skill ini terbagi menjadi dua, yaitu terkait problem solving dan attention to detail.

a. Problem Solving, yaitu kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah

b. Attention to detail, yaitu kemampuan dalam melihat permasalahan dari semua aspek.

4. People Skill Competency

People Skill Competency ialah kemampuan bersosialisasi dengan teman kerja dan melakukan kerjasama. Kompetensi ini dibagi menjadi tiga, yaitu :

a. Communication Skills, yaitu kemampuan dalam berkomunikasi kepada atasan dan bawahan maupun kepada sesama

b. Teamwork ability, yaitu kemampuan bekerja dalam satu team

c. Customer Service Awareness, yaitu kesadaran pentingnya pelayanan kepada pelanggan dan teman kerja